The Division Resurgence: Adaptasi Versi Mobile Game The Division

Kontributor : Diaz Rama Putra Sofyan
Penyunting : Kikitondo

The Division Resurgence adalah gim third person shooter medan perkotaan, kumpulkan gear dan senjata, dan pulihkan ketertiban sebagai agen Division di kota New York dalam dunia Post-Apocalyptic yang sedang dalam pemulihan.

Selain game-game baru dari seri Assassin’s Creed, Ubisoft juga umumkan kembalinya seri The Division, mulai dari game Free to Play baru, The Division Heartland, konten-konten baru untuk The Division 2, and last but not least, The Division Resurgence, sebuah upaya dari Ubisoft untuk menghadirkan kembali gim TPS alias Third Person Shooter di suasana urban survival open world mereka, The Division, yang telah dirilis pada tahun 2016 lalu untuk PC dan Konsol, ke platform mobile.
(Cek juga artikel game FPS seru lainnya seperti Tacticool)

Sekilas Tentang Gim Adaptasinya, The Division

Sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai The Division Resurgence, ada baiknya saya bahas dulu game yang mendasarinya terlebih dahulu, yaitu The Division. The Division bercerita tentang sekelompok sleeper agent alias agen yang berstatus tidak aktif dan menunggu untuk diaktifkan di Amerika Serikat yang merupakan bagian dari badan lembaga fiktif Pemerintahan Amerika Serikat yang disebut Strategic Homeland Division. Lembaga ini ditugaskan untuk menjaga keutuhan negara dan memulihkan ketertiban seandainya terjadi sebuah serangan atau bencana yang bisa melumpuhkan pemerintahan Amerika Serikat.

The Division Resurgence
Seorang agen Strategic Homeland Division (SHD) yang sudah aktif

Dalam cerita in game universe nya, dunia telah dilanda oleh sebuah penyakit yang dijuluki The Green Poison yang dirancang oleh seorang dokter environmentalist jahat, virus tersebut disebarkan melalui uang lembaran dolar Amerika Serikat pada saat event Black Friday di New York.

Penyakit tersebut merebak menjadi wabah yang mulai menyebar ke negara-negara lain. virus Green Poison rancangan si dokter jahat tersebut berhasil menyebarkan kepanikan dan mengurangi populasi manusia di dunia secara signifikan. menyisakan segelintir manusia yang selamat, mencoba untuk membangun kembali peradaban dan bertahan hidup melawan faksi-faksi manusia yang anarkis.

The Division Resurgence
Kondisi kota New York pasca wabah Green Poison

Sebagai agen tidur Strategic Homeland Division (yang disingkat SHD) bertempatkan pada New York, player nantinya akan menjelajahi kota New York yang telah menjadi titik pusat dari wabah Green Poison, ditengah musim salju. Para agen juga berusaha membantu menegakkan hukum dan keadilan di daerag tersebut seperti memastikan keselamatan dari para warga sipil New York yang selamat dari virus Green Poison, serta membantu sisa-sisa organisasi pemerintahan resmi untuk menumpas faksi-faksi anarkis yang mengancam keselamatan orang-orang yang tidak bersalah.

Sementara itu, di The Division 2 berpindah latar permainan ke Washington, DC. Suasana musim panas, dan banyaknya vegetasi yang membuatnya agak berbeda dari game sebelumnya, di sequel ini player ditugaskan untuk menumpas faksi anarkis yang telah mengambil alih daerah Washington, DC, dan menanggapi laporan terkait munculnya sebuah faksi misterius baru yang berbahaya, yang tidak kalah taktis dan teratur dari SHD.

Adaptasi Versi Mobile di The Division Resurgence

Dari trailer diatas, The Division Resurgence akan membawa player kembali ke New York dengan jalan cerita campaign yang berbeda dari The Division 1 dan 2. Segi Gameplay terlihat tidak jauh berbeda dari game yang adaptasi. Fitur Cover System yang sama di mana player harus memanfaatkan bermacam obstacle yang ada seperti mobil atau pembatas jalan untuk berlindung dari tembakan musuh. Selain itu, gadget-gadget taktis SHD juga hadir untuk membantu player dalam melawan musuh-musuh nya, mulai dari Sentry Gun dan Retractable Ballistic Shield, hingga Assault Drone.

Baca Juga:  Bertarung Dengan Ratusan Hero Dari Game Populer di Game STORM ADVENTURE
Tampilan UI dan Gameplay The Division Resurgence
Tampilan UI dan Gameplay The Division Resurgence

Sistem senjata dan gear yang ada di game sebelumnya juga hadir ke resurgence, player bisa melakukan looting atau crafting untuk mendapatkan senjata dan gear yang memiliki level dan rarity nya masing-masing, yang mempengaruhi kualitas atau stats dari weapon dan gear tersebut, player juga bisa mengupgrade dan meng kustomisasi senjata dan gear yang sudah mereka dapatkan, seperti memasangkan red dot pada senjata assault rifle yang ada di slot primary mereka.

Menu kostumisasi equipment di The Division Resurgence
Menu kostumisasi equipment

Mekanik Specialization yang ada di The Division 2 juga hadir di Resurgence, player bisa mengambil salah satu dari beberapa specialization untuk karakter mereka seperti Technician, Survivalist, Sharpshooter, dan masih banyak lainnya, yang seiring dengan meningkatnya level dari karakter player, mereka bisa mengunlock ability dan gadget-gadget khusus baru dari specialization yang sudah mereka pilih, player juga bisa mengganti specialization mereka, menyesuaikan dengan role mereka dalam tim pada saat terjun di multiplayer dengan agen player lainnya.

Agen-agen dengan Specialization yang berbeda-beda di The Division Resurgence
Agen-agen dengan Specialization yang berbeda-beda

PvE dan PvP Yang Sama-Sama Menantang

Player bisa memilih untuk melawan Musuh AI dalam mode story atau campaign PvE, lengkap dengan bos-bos untuk tiap faksi-faksi musuh yang memiliki senjata dan gear unik, serta  tingkat kesulitannya masing-masing, atau melawan agen-agen player lainnya dalam mode PvP Conflict dan Dark Zone.

Dark Zone adalah sebuah mode high risk-high reward yang menerjunkan player ke sebuah zona mematikan di tengah-tengah kota New York, dimana kelompok pemerintahan tidak bisa mempertahankan kendali di zona tersebut, dan terpaksa harus meninggalkan banyak peralatan mutakhir mereka, alhasil Dark Zone menjadi sebuah pasar kaget bagi para faksi-faksi anarkis dan agen-agen SHD nekad yang sedang mencari gear dan senjata dengan kualitas tertinggi.

Untuk keluar dari dark zone dengan semua barang belanjaan nya, player harus mencapai titik-titik exit yang tersebar dengan utuh, player juga harus berhati-hati sebab aturan main di Dark Zone membolehkan agen SHD untuk membunuh satu sama lain, bahkan membuat teman satu tim sendiri menusukmu dari belakang dan mengklaim semua loot yang sudah susah payah kamu kumpulkan.

Proses Exfil dari darkzone yang diwarnai kericuhan antar player di The Division Resurgence
Proses Exfil dari darkzone yang diwarnai kericuhan antar player

Dunia telah runtuh dalam kekacauan, anda yang telah ditunjuk oleh Strategic Homeland Division sebagai salah satu agen nya yang di tempatkan di ground zero, telah diberi arahan untuk memastikan keselamatan nyawa warga sipil amerika dan sisa-sisa dari asset pemerintah dari segala bentuk ancaman, kumpulkan gear dan senjata untuk bertahan hidup  dan laksanakan misi mu sebagai salah satu agen dari The Division.

Untuk info selengkapnya mengenai The Division Resurgence dan Bagaimana caranya untuk bisa dapat Early access ke game nya, kalian bisa langsung cek ke laman official nya di sini.

Game akan dirilis untuk platform IOS dan Android.

(Visited 15 times, 1 visits today)