RAINBOW SIX MOBILE: FPS Team Taktis Versi Mobile

Kontributor : Diaz Rama Putra Sofyan
Penyunting : Kikitondo

 “Rainbow Six Mobile adalah game tembak-tembakan free to play mobile terbaru dari Ubisoft, membawa salah satu fps taktis terpopuler di pcke perangkat mobile.

Beberapa pekan lalu, Ubisoft mengadakan event Ubisoft Forward, yang padat akan announcement dan trailer dari game-game baru dari berbagai series andalan mereka, diantaranya Assasin’s Creed, The Division, dan Rainbow Six. Event ini merupakan kabar baik bagi kalangan gamers mobile, sebab Ubisoft telah mengumumkan beberapa game yang akan hadir untuk platform-platform mobile, dan salah satunya adalah port mobile dari game FPS taktis, Rainbow Six Siege, yang diberi nama Rainbow Six Mobile, yang kita akan bahas pada artikel ini. Cek juga artikel game PMC kami, Black Powder Red Earth

Ulasan Singkat RAINBOW SIX SIEGE

Sebelum kita bahas Rainbow Six Mobile, ada baiknya saya bahas game yang mendasari FPS taktis mobile baru keluaran Ubisoft ini, yaitu Rainbow Six Siege. Game ini merupakan installment terbaru dari seri game FPS taktis Rainbow Six, yang diangkat dari novel karangan Tom Clancy dengan judul yang sama, yang mengangkat kisah tentang sebuah pasukan khusus yang dibentuk oleh personil yang datang dari berbagai negara di dunia, yang bersatu untuk memberantas aksi-aksi terorisme yang terjadi di berbagai penjuru dunia.

Rainbow Six Siege merupakan satu-satunya installment dari seri game tersebut yang berfokus pada aspek multiplayer dan aksi PvP yang terkesan fast paced layaknya FPS-FPS modern.

Operator di Rainbow Six Siege (dari kiri ke kanan: Rook, Zofia, Smoke, BlackBeard, Doc)

Berbeda dengan game-game sebelumnya pada seri Rainbow Six yang lebih berfokus pada single player dimana player harus menyelesaikan misi dengan perencanaan yang terinci, mengatur jalur dari semua teammate AI, dan menyelesaikan misi dengan cara yang seefektif mungkin. Perbedaan lainnya dalam Siege hadir dalam bentuk operator, yang memiliki set senjata, gadget-gadget unik, dan seragam yang sesuai dengan unit dan negara asalnya masing-masing.

Namun dari segi gameplay, Rainbo 6 Siege tidak kalah taktis dan realistis dari pendahulunya, hal ini bisa dilihat dari Gameplay gim ini yang sangat mendorong para player untuk tetap berpose membidik senjata mereka, sebab jika player mengandalkan Hipfire, tembakan mereka akan lebih cenderung untuk meleset jika dibandingkan dengan tembakan saat mereka ADS atau Aim Down Sight,

selain itu sistem environmental destruction alias kerusakan lingkungan dan penetrasi peluru yang realistis, menjadikan tembok-tembok tipis dan sekat-sekat berbahan triplek dan asbestos kelihatan seperti isi dari tahu bulat tiap akhir match, hal ini juga akan memaksa player untuk pandai-pandai dalam mengambil posisi dan akan kesulitan jika mereka menggunakan strategi camping di satu tempat yang sama pada tiap match.

Yang Bisa Diekspektasikan di Rainbow Six Mobile

Kalau dari trailer nya, secara keseluruhan gameplay dan visual dari versi mobile dan original nya tidak terlalu banyak perubahan, player di tim attacker masih harus melakukan scouting area dengan drone terlebih dahulu di awal match sebelum melakukan fase breaching, sementara player di tim defender bisa mempersiapkan barikade pada pintu dan jendela untuk memperlambat tim entry pada saat mencoba masuk di fase breaching, memasang trap di titik masuk dan sudut-sudut map dengan traffic yang tinggi/rendah yang berpotensi digunakan untuk melakukan flank oleh tim entry, serta menggunakan kamera yang sudah terpasang di titik-titik tertentu.

Baca Juga:  Lesley The Sniper, Marksman Jago Kill Musuh Dari Jauh di Mobile Legends

Pada saat fase breaching, tim attacker bisa melakukan entry ke dalam area permainan dengan melubangi tembok atau barikade yang sudah dipasang oleh tim defender menggunakan alat-alat seperti martil yang menjadi gadget signature dari salah satu operator, dan breaching charge yang bisa digunakan juga pada barikade jendela, player juga masih bisa masuk langsung ke lantai dua di bangunan dari salah satu map menggunakan teknik rappeling layaknya versi original dari game tersebut.

UI In game dari Rainbow Six Mobile

Beberapa operator dari versi original nya juga hadir kembali di versi mobile, lengkap dengan gadget mereka masing-masing, namun dengan sedikit modifikasi pada tiap gadget, seperti hilangnya launcher gadget Hibana yang sekarang langsung dilempar seperti granat, atau launcher Ash yang sekarang terpasang langsung pada senjata primary (yang pada poster kelihatannya seperti assault rifle), para operator juga hadir dengan penampilan yang sedikit berbeda dari versi mereka yang ada di Rainbow 6 Siege pc, seperti hilangnya seragam sesuai unit dan negara asal mereka yang tergantikan oleh apparel yang terkesan lebih kasual, dengan sentuhan-sentuhan taktis seperti chest carrier atau rig, dan topeng gas pada beberapa operator.

Baru ada tiga map yang tersedia, yaitu Bank, map yang berfokus pada gameplay indoor di sebuah gedung Bank besar yang berisikan berbagai ruangan besar dan kecil, kemudian ada Border, yang memiliki banyak area exterior yang luas dan terbuka, serta dua bangunan yang terpisah, dan Clubhouse, map yang paling besar untuk saat ini dengan bangunan tiga lantai dengan banyak ruangan club dan bar yang luas dan terbuka, serta area exterior yang tidak kalah luas dengan map sebelumnya.

Dari serial ternama Rainbow Six, Rainbow Six Mobile merupakan first-person-shooter multiplayer free-to-play kompetitif yang bisa kalian rasakan di handphone kalian, adu skill kalian dalam mode klasik Rainbow Six Attack vs Defense, bermain sebagai attacker atau defender dalam match 5v5 yang penuh dengan aksi, pertarungan jarak dekat, dan mengambil keputusan-keputusan taktis. Susun strategi dengan tim mu dan gunakan semua kelebihan yang bisa diambil dari area permainan yang bisa dihancurkan, bermain sebagai Operator elit, dengan ability dan gadget-gadget yang unik. Rasakan pengalaman tembak-tembakan taktis yang paling hebat, yang didesain secara eksklusif untuk mobile.

Untuk berita selengkapnya mengenai jadwal Early-Access dan tanggal rilis dari gim Rainbow Six Mobile bisa cek langsung di laman official Ubisoft di sini. game akan dirilis untuk IOS dan Android.

(Visited 22 times, 1 visits today)