LONEWOLF: Gim Sniper Mobile Ringan Dengan Grafis Yang Menarik dan Gameplay yang Asik

Kontributor : Diaz Rama Putra Sofyan
Penyunting : Kikitondo

Lonewolf merupakan sebuah neo noir story driven shooter mobile game yang akan memposisikan kalian sebagai seorang pembunuh bayaran dengan bakat bak seorang penembak jitu ulung.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas yang menurut saya merupakan salah satu cornerstone di kalangan game-game mobile, sebuah game story driven, neo-noir sniper adventure mobile gratis karya studio game asal jerman FDG entertainment yang berjudul LONEWOLF, yang dirilis sejak tanggal 7 Januari 2016 silam, dan diupdate pada 2019 dengan penambahan potongan story dan mekanik gameplay yang baru, yuk langsung saja simak cerita dan gameplay dari salah satu game sniper paling keren yang ada di kancah mobile ini.

KISAH SANG LONEWOLF

SPOILER WARNING UNTUK CERITA GAME LONEWOLF

Di game ini player akan bermain sebagai seorang sniper ulung sekaligus pembunuh bayaran bertopeng yang beraliaskan Lonewolf, dikisahkan dalam game bahwa sang Lonewolf secara tiba-tiba menawarkan jasanya ke salah satu bos komplotan mafia terbesar yang ada di kota yang bernama Mando, setelah terkesan dengan bukti keahlian yang dimilikinya, Mando pun menugaskan Lonewolf untuk menghabisi nyawa para pesaing dan orang-orang yang menghalangi jalannya bisnis komplotan mafianya tersebut.

Lonewolf cutscene
Cuplikan intro cutscene Lonewolf.

Seiring dengan berjalannya cerita, Perilaku Lonewolf menjadi semakin janggal, dengan aksi-aksinya seperti membunuh partner bisnis sang Mando tanpa adanya perintah darinya, yang menimbulkan perpecahan antara geng dan mafia yang ada di kota yang berpotensi memicu peperangan antar geng, player juga akan disuguhkan butiran-butiran cerita yang menjelaskan asal-usul Lonewolf dan alasannya menawarkan jasa pengiriman pelurunya ke komplotan mafia tersebut.

Pada final arc dari story Lonewolf ini sangat mencekam dengan Lonewolf yang mulai menghabisi komplotan mafia yang telah mempekerjakannya satu persatu dan diakhiri dengan konfrontasi menegangkan antara Lonewolf dan Mando.

END OF SPOILER UNTUK CERITA GAME LONEWOLF

VISUAL MEMUKAU YANG RAMAH UNTUK BERBAGAI MOBILE DEVICE

Lonewolf dikategorikan sebagai sebuah neo noir story driven shooter mobile, yang artinya game ini sangat sarat akan nilai story nya yang mencekam layaknya film-film seperti John Wick, dan layaknya film tersebut, kaya akan aksi yang sebagian besar melibatkan senjata api, khususnya sniper rifle dengan bermacam varian rasa dan ukuran, pistol, dan sebuah senapan karabin jenis AR-15.

Dari segi presentasi, di bagian gameplaynya Lonewolf memadukan perspektif 3D dengan grafis 2D yang melahirkan sebuah gaya visual yang sangat unik, ditambah lagi dengan model dan efek suara yang dihasilkan oleh tiap senjata yang sangat detail dan renyah yang membuat gameplaynya kian immersive namun tetap ringan dan ramah dengan device-device kentang, cuplikan-cuplikan story juga disuguhkan dengan ilustrasi hand-drawn yang sangat memukau namun masuk dengan nuansa noirnya yang mencekam, layaknya cutscene-cutscene pada game Metal Gear Peace Walker dan Portable Ops.

CREME DE LA CREME DARI GAME INI: SNIPING

Yang menjadi selling point dan fitur paling keren di game ini adalah gameplay sniper nya, yang bisa dibilang cukup realistis untuk sebuah game sekelas Lonewolf ini, dengan adanya mekanik gravitasi dan angin yang berbeda-beda tiap misi yang dapat mempengaruhi peluru kalian, yang artinya skala dan titik-titik yang ada pada optik sniper rifle kalian bisa digunakan sebagaimana mestinya untuk mengkalkulasi dan memposisikan bidikan kalian sesuai dengan deviasi yang dipengaruhi oleh kecepatan angin dan jarak target, tetapi tenang untuk kalian yang tidak mau ribet game ini juga menghadirkan item-item yang bisa membantu bidikan kalian agar tepat sasaran, seperti wind meter yang bisa membantu menentukan tingkat deviasi dan range finder untuk membantu menentukan jarak target, jika item ini terpasang nantinya saat misi dimulai pada optik kalian akan ada marker hijau pada garis deviasi dan elevasi kalian.

Tampilan Gim Lonewolf
Efek item range finder dan wind meter, terlihat dengan adanya indikator hijau pada reticle

Untuk mengcounter jarak target yang semakin jauh dan deviasi yang semakin tinggi akibat cuaca yang kurang bersahabat selain dengan cara yang saya sebutkan tadi, kalian juga bisa menggunakan sniper rifle lainnya yang hadir dalam berbagai varian rasa, mulai dari bolt action hingga semi otomatis, dari yang menggunakan internal clip hingga box magazine, serta berbagai ukuran, mulai dari kaliber .308, .300 MAGNUM, 9×39, .338 LAPUA, bahkan hingga yang spesial seperti .404 CTAC dan .50 BMG sekalipun yang memiliki spek masing-masing mulai dari akurasi, jarak efektif, kecepatan reload, rate of fire, recoil.

Baca Juga:  Kunjungan Komunitas Bambu Tuli Bekasi ke GCA Global Game Expo II - Industri Game tanpa Batas
Arsenal Senjata Gim Lonewolf
Barret M82 yang legendaris hadir di game ini.

Pilihan optik yang ada juga tidak kalah beragam dari yang tingkat magnifikasi dan field of view nya paling rendah dan reticle yang paling basic, hingga scope yang paling kompleks dengan reticle yang sangat detail dan jelas teriluminasi lengkap dengan mildot dan marking pendukung lainnya. Optik dengan tingkat magnifikasi yang tinggi akan sangat membantu di misi-misi late game dengan target kalian yang jauh-jauh mainnya dengan jarak kisaran 500 meter lebih.

Salah satu scope high end di game ini.

Selain itu player juga bisa meningkatkan performa sniping mereka dengan item-item pendukung selain wind meter dan range finder, seperti bipod yang bisa meningkatkan stabilitas dan mengurangi intensitas goyahan saat player menarik nafas, sling yang bisa mengurangi recoil dari si senapan, ammo bag yang meningkatkan kecepatan reload dan kokangan kalian saat menggunakan senjata bolt action, serta spotter scope yang bisa menunjukan jumlah target yang hadir pada misi.

Ada pula item-item aksesoris yang diperuntukan untuk kebutuhan personalisasi saja seperti camo net dan perban untuk penampilan, dan suppressor untuk meredam suara senapan kalian.

Setup senapan yang penulis gunakan.

TAK SELAMANYA MEMBIDIK DARI JAUH

Dari screenshot diatas, mungkin jika kalian jeli maka kalian bisa melihat ada dua ikon senjata lainnya di bagian kanan bawah, yup, bukan hanya sniping saja, pada beberapa misi kalian akan terpaksa turun langsung dan menghabisi target dari jarak di bawah 100 meter, di beberapa misi kalian akan menggunakan pistol dan beberapa misi lainnya kalian akan menggunakan AR-15, dengan pistol kalian punya dua pilihan, yaitu p320 yang dipasangi suppressor dengan kaliber 9x19mm, atau FNX 45 Tactical yang dilengkapi red dot sight dengan kaliber .45 ACP.

Pada misi-misi pistol kalian bisa melakukan point shooting menggunakan crosshair atau menggunakan bidikan yang ada pada pistol kalian melalui fitur aim down sight yang lebih akurat namun sedikit menghalangi pandangan kalian terhadap area sekeliling. dan untuk AR-15 kalian hanya bisa mengganti optik yang terpasang pada senapan kalian, pilihan nya ada iron sight, holographic, atau red dot sight, masing-masing memiliki efek terhadap tingkat akurasi dan kenyamanan pandangan kalian saat menembak.

Menguji akurasi FNX 45 Tactical di shooting range.

REPLAYABILITY DAN HIBURAN SELAMA KALIAN MENUNGGU BULLET POINT REFILL

Jika kalian belum membuka fitur premium, di game ini ada sebuah sistem bullet point yang akan berkurang setiap kalian menjalankan misi, yang akan kembali penuh setelah beberapa saat menunggu, nah selama kalian menunggu terisi kembalinya bullet point, kalian bisa mengakses beberapa fitur seperti shooting range untuk mengasah akurasi dan menguji skill sniping kalian.

Kalian juga bisa menguji keahlian kalian dengan berbagai minigame yang ada, di mana kalian bisa bertaruh juga dengan cash point yang kalian miliki.

Salah satu minigame yang kalian bisa mainkan

Setelah updatenya yang dirilis pada 2019 lalu, ada fitur unik yang ditambahkan juga pada story mission yang ada, yaitu kemampuan untuk mereplay misi dengan senjata yang berbeda dalam mode Bonus Gameplay, misalnya misi pistol menggunakan sniper rifle atau AR dan sebaliknya.

Fitur ini menghadirkan tantangan tersendiri dari tiap misi dengan jarak yang berbeda-beda, seperti menggunakan AR yang hanya dilengkapi dengan iron sight untuk menghabisi target berjarak 800 meter dengan angin yang berhembus kencang misalnya.

Tampilan pilihan pada menu bonus gameplay.

Lonewolf tersedia untuk perangkat IOS dan Android dan bisa kalian download melalui playstore dan appstore, di game ini tersedia in app purchases seperti bullet point dan tambahan cash, selain itu jika kalian berhasil mencapai tengah-tengah game kalian akan mendapatkan diskon untuk versi premium yang memberikan kalian akses terhadap seluruh sniper rifle, scope, pistol, dan aksesori AR yang ada serta tidak adanya waktu tunggu bullet point, selamat mencoba dan happy hunting ya guys!

Jika kalian tertarik, kalian bisa juga mencoba game taktis PMC, Black Powder Red Earth

(Visited 9 times, 1 visits today)