SIERRA 7: SIMULASI MENJADI SEORANG OPERATOR PASUKAN KHUSUS

Kontributor : Diaz Rama Putra Sofyan
Penyunting : Kikitondo

Sierra 7 merupakan game shooter mobile sederhana dengan sentuhan taktis.

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang Lonewolf, sebuah game sniper/shooter mobile yg penuh dengan sentuhan mekanik realistis seperti bullet drop dan deviation. Kali ini saya akan membahas game keluaran studio yang sama yang telah membawakan Lonewolf, yaitu SHD games, yang berjudul Sierra 7. Game ini merupakan sebuah remake sekaligus porting dari sebuah game rail shooter browser komputer dengan judul yang sama yang tersedia di website-website game seperti miniclip studios dan armor games, namun berbeda dengan versi lamanya sierra 7 versi mobile ini hadir dengan fitur-fitur yang lebih keren dan jauh lebih kompleks, yuk langsung saja simak selengkapnya pada artikel ini.

Sending In Sierra 7

Operator Sierra 7
Operator Sierra 7

Sierra 7 mengisahkan tentang seorang operator sebuah detasemen khusus dengan nama yang sama, pada game ini Sierra 7 ditugaskan untuk menyelidiki adanya aktivitas penyelundupan senjata ilegal yang berpotensi memiliki keterkaitan dengan sebuah organisasi teroris yang bersembunyi di negaranya, selain menyelidiki asal-usul dan jejak dari organisasi terorisme ini player juga ditugaskan dalam misi-misi berbahaya untuk menghabisi para petinggi komplotan kriminal yang terindikasi bekerjasama dengan organisasi teroris tersebut.

Gameplay Sierra 7

Layaknya produk SHD sebelumnya, visual yang memadukan 2D dan 3D hadir kembali di sierra 7, namun berbeda dengan Lonewolf yang lebih condong ke penggunaan grafis 2D untuk membuahkan feel 3D, Sierra 7 benar-benar memadukan keduanya, dengan environment beserta tangan dan senjata player yang menggunakan aset-aset 3D dan model-model musuh yang menggunakan artstyle 2D layaknya animasi sederhana, ini juga bisa dilihat dari lengkapnya animasi senjata player mulai dari saat menembak hingga saat melakukan reload. Sound design dari game ini juga tidak kalah keren dengan Lonewolf dengan suara senjata dan efek-efek seperti tembakan atau benturan peluru ke sebuah permukaan yang sangat renyah dan wuenak di telinga.

Pada dasarnya gameplay sierra 7 tidak jauh berbeda dengan Lonewolf, namun berbeda dengan Lonewolf yang berempasis pada sniping, fokus utamanya dialihkan ke sesi-sesi baku tembak jarak dekat yang ada di game tersebut, namun pada Sierra 7 dihadirkan banyak sekali fitur tambahan yang membuatnya lebih seru. Pada sierra 7 player akan disuguhkan dengan level yang memiliki beberapa segmen atau ruangan untuk di clear-kan, namun tanpa adanya tampilan transisi hitam dengan text instruksi tiap pergantian segmen, player akan disuguhi nonstop action, mengikuti sierra 7 dari awal sampai akhir level.

Tampilan in-game dari Sierra 7.
Tampilan in-game dari Sierra 7.

Berbeda dengan Lonewolf yang memiliki tingkat kesulitan yang meningkat seiring dengan progress player dalam permainan, di Sierra 7 player bisa menentukan difficulty sebelum player menjalankan misi, tiap difficulty memberikan modifier masing-masing, seperti misalnya pada hard mode jumlah magasin yang player miliki terbatas dan setiap melakukan reload, peluru yang tersisa pada magasin yang dilepas tidak akan terakumulasi ke magasin yang selanjutnya, melainkan magasin tersebut akan dirolling dengan magasin berikutnya hingga saat proses reload player akan kembali ke magasin dengan peluru yang kurang tadi, selain itu musuh juga akan lebih agresif dan tembakannya akan lebih akurat dalam mengenai player, memaksa player untuk adu cepat atau mereka akan terjebak dan harus keluar masuk dari cover bak koboi di film clint eastwood.

Sebelum menjalankan misi player akan menentukan loadout terlebih dahulu yang terdiri dari senjata dan gear yang dikenakan oleh player. Senjata yang bisa dibawa terbagi dua, yaitu primary yang meliputi SMG, Rifle, Shotgun, dan beberapa LMG, dan secondary yang hadir dalam bentuk pistol dan machine pistol, tiap senjata tersebut bisa diupgrade dan nantinya selain meningkatkan spek senjata akan menambahkan attachment seperti laser, optik, dan suppressor.

Baca Juga:  Mengintip Petualangan Yang Menantimu di Dark Story : The Demon Slayers
Salah satu senjata dalam Sierra 7, Raging bull yang sudah diupgrade
Salah satu senjata dalam Sierra 7, Raging bull yang sudah diupgrade

Sedangkan gear yang dikenakan oleh player terbagi kedalam beberapa bagian, yaitu perlengkapan kepala/headgear, yang bisa berupa item seperti helm, scarf dan bandana, kacamata, hingga topi yang tersedia dalam berbagai jenis yang memberikan efek seperti proteksi tambahan terhadap tembakan musuh. kemudian ada Backpack atau tas yang bisa meningkatkan kapasitas ammo dan utility seperti granat atau flashbang pada player. Perlengkapan yang terpasang di badan player seperti rompi anti peluru yang bisa mengurangi damage, chest rig yang menambah jumlah magasin yang bisa dibawa, atau chest carrier yang bisa melakukan keduanya. Dan yang terakhir yaitu belt, atau perlengkapan yang dibawa di sabuk player, seperti tali tourniquet atau medkit yang bisa mengatasi luka player atau magasin dan utility tambahan.

Operator Sierra 7
Load out Sierra 7

Kembali ke topik aksi, di game ini player tidak hanya sekedar berdiri di satu tempat dan menembak target yang muncul saja, di game ini player bisa bernapas lega sebab mereka bisa berlindung seandainya musuh sudah membidik terlebih dahulu, selain itu pada beberapa misi player harus membagi konsentrasi mereka ke beberapa titik engagement yang berbeda. Mekanik lainnya yang membuat game ini lumayan keren adalah adanya sistem Vital shot yang memudahkan player yang kesulitan untuk mendapatkan one tap pada kepala dari tiap musuh, dengan membidik area center mass player bisa mendapatkan efek one shot one kill yang sama dengan headshot.

fitur Vital shot di Sierra 7
Boom Vital shot

Musuh yang hadir juga lebih bervariasi dari game sebelumnya, baik dari segi senjata maupun gear mulai dari gangster ecek-ecek yang hanya menggunakan pistol, hingga yang berpakaian lengkap menggunakan rompi dan topeng anti peluru dan membawa senjata otomatis, shotgun, atau tameng. Selain jarak dekat di game ini juga dihadirkan misi-misi sniping ala-ala lonewolf.

Berbeda dengan game tersebut yang mayoritas misi sniping nya sangat straight to the point dengan target yang sudah duduk manis untuk ditembak, di sierra 7 player dipaksa untuk kreatif dan mencari cara untuk memancing musuh dari posisi-posisi yang kurang bagus, misalnya jika target sedang ada di dalam dan menonton TV player harus menembak parabola atau antena supaya sinyal siaran TV menjadi jelek dan mereka harus keluar untuk memeriksa kondisi antena atau parabola, memungkinkan player untuk menghabisi mereka dalam posisi yang lebih nyaman.

Gameplay sniping pada Sierra 7
Gameplay sniping pada Sierra 7

Sierra 7 tersedia untuk perangkat android dan IOS dan bisa kalian download langsung melalui playstore dan appstore, layaknya produk SHD yang lalu, di game ini juga ada sebuah sistem tunggu yang bisa dibypass dengan menonton iklan atau menggunakan versi premium yang bisa memberikan akses juga terhadap senjata-senjata yang eksklusif hanya untuk versi premium.

Namun jangan khawatir, konten pada base game nya saja sudah cukup lengkap menurut saya sehingga penggunaan versi premium tidak terlalu diperlukan. Selamat mencoba and happy hunting!

Trailer Sierra 7

Bagi kalian yang tertarik dengan game serupa bisa cek langsung artikel mengenai produk keluaran SHD games yang dirilis oleh FDG entertainment lainnya yang berjudul Lonewolf, sebuah game sniper/shooter mobile dengan tema neo-noir yang penuh aksi.

(Visited 23 times, 1 visits today)