Waspada Phishing, Jaga Kerahasiaan Akun Game Kalian

Waspada Phishing, Jaga Kerahasiaan Akun Game Kalian

Dengan semakin banyaknya pemain game mobile di Indonesia, membuat beberapa oknum yang tidak bertangung jawab untuk mengambil kesempatan untuk melakukan tindak penipuan. Hal yang paling sering terjadi saat ini adalah Phishing, yang mana sang pelaku akan memberikan website khusus dengan iming-iming SSR ataupun Diamond gratis, padahal itu semua hanya penipuan. Phishing sendiri adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, Password dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui fake form login pada situs palsu yang menyerupai situs aslinya.

Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing alias memancing, dalam hal ini maksudnya adalah memancing informasi dan kata sandi pengguna (wikipedia). Penulisan dalam bahasa inggris menggunakan kata phishing tapi orang indonesia sering salah menulis menjadi phising. pada artikel ini maksud keduanya adalah sama.

Baca Juga:  MIMOSTORE Siap Layani Voucher Gamer, Segera hadir dalam Applikasi Mobile

Pada beberapa kasus, situs palsu tersebut tidak terlalu mirip namun karena target kurang berhati hati dan tidak punya pengalaman tentang metode phishing maka bisa saja terjebak.

  1. Iming-iming di awal  untuk membuka websitenya
  2. Tampilan Website dan hadiah yang menggiurkan
  3. Form Palsu yang akan mengirim semua data yang kalian masukan ke sang penipu
  4. Data data kalian akan digunakan untuk berbagai macam hal, paling sering adalah kasus hack
    Bisa saja ID kalian di retas lalu barang/item di transfer ke orang lain
  5. Hingga penggantian data-data pribadi / password dan email terdaftar
  6. Akun kita akan di ambil alih. peretas kemungkinan besar menggunakan akun kita untuk menyebarkan url psihing ke teman teman kita untuk mendapatkan korban yang lebih banyak.
Baca Juga:  Ini dia Cara Main Pakai Emulator Ragnarok M Eternal Love di PC atau Laptop

 

Jika kamu terlanjut mengisi data pribadi pada salah satu website phishing, kamu masih punya waktu untuk merubah password sebelum si peretas melihat username dan password kamu di servernya.

 

  1. Waspda, jangan mudah tergiur iming-iming tidak jelas
  2. Perhatikan URL Website
  3. Hanya gunakan website resmi untuk login
  4. Domain yang mirip mirip sering digunakan hacker untuk menjebak user yang kurang berhati hati, kurang cermat.

Selain phising dengan Website, biasanya ada juga phishing melalui Email, namun lebih kearah pencurian kartu kredit biasanya. Tapi yang paling berbahaya adalah phishing yang berupa virus atau malware. Karena cara phising seperti ini lebih rumit, menggunakan virus dan peralatan peralatan canggih dengan modal ekstra maka sudah pasti incaran mereka adalah yang dapat menghasilkan uang.

(Visited 426 times, 1 visits today)

DamarBahbah

Cowok yang suka nasi bebek, dan hobi menebas Red Splinter di gunung buas. Terjun di industri game sejak 2008 demi sesuap nasi, dan hingga kini terus berjuang demi impian dan masa depan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.