V2 MEMBAWA TEKNOLOGI HOLOGRAM PROTO KE INDONESIA

Liputan oleh : Diaz Rama Sofyan
Penyunting : Kikitondo

V2, sebuah perusahaan Tech asal tanah air tengah bekerja sama dengan perusahaan mancanegara muda asal amerika serikat, Proto untuk membawakan teknologi display berbasis hologram ke Indonesia.

Pada selasa 8 November lalu, V2 Indonesia baru saja mengadakan event launching dan pop up experience dari Proto M Hologram, sebuah perangkat media dan komunikasi desktop yang menggunakan teknologi hologram pada displaynya, berbeda dengan perangkat media dan komunikasi pada umumnya yang menggunakan display dengan teknologi LCD atau LED.

Setelah sebelumnya sukses memperkenalkan teknologi holografik Proto pada perhelatan acara fashion show Carendelano, kini V2 Indonesia, anak perusahaan PT M Cash Integrasi Tbk (IDX: MCAS), yang berfokus pada solusi audio visual dan keunggulan teknologi masa depan (IoT, AI, VR, XR, AR, Metaverse & Robotics), dengan bangga menghadirkan Proto M, perangkat komunikasi dan Media Holografik desktop pertama di dunia. Perangkat yang telah dipatenkan ini dibawa ke Kawasan Asia Pasifik khususnya Indonesia untuk pertama kalinya guna menciptakan pengalaman video volumetrik yang realistis dalam resolusi 4K, yang dapat digunakan dalam kegiatan bisnis, pendidikan, hiburan, kesehatan, ritel, dan telekomunikasi.

Nah karena kebetulan sudah menghadiri event launching dari Proto M tersebut, pada artikel ini saya akan membahas semua detail mengenai perangkat ini, apa perbandingannya dengan Proto Epic yang lebih bongsor, dan mungkin memberikan sedikit opini pribadi terhadap perangkat ini, yuk langsung saja simak berita selengkapnya mengenai Proto M.

Proto M Hologram

Jadi seperti yang saya jelaskan, Proto M ini adalah sebuah perangkat plug and play yang bisa digunakan sebagai pemutar media atau alat komunikasi yang menggunakan teknologi pancaran holografik pada displaynya, namun apa bedanya display holografik dengan display LCD atau LED biasa? Simpelnya, holographic display bekerja dengan menggunakan layar berdefinisi tinggi setara 4K misalnya, yang memantulkan konten digital melalui kaca dengan lapisan khusus, yang disebut optik. Ketika ditempatkan pada sudut tertentu, si optik ini akan menciptakan sebuah ilusi yang membuat otak Anda menafsirkan konten digital yang ditampilkan seakan-akan memiliki tiga dimensi. Inilah yang menciptakan sensasi melihat objek-objek 3D digital hologram yang mengambang bebas di depan mata kalian.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Silver Medal di Ragnarok M Eternal Love
Skala Proto M dengan tubuh manusia dewasa.
Skala Proto M dengan tubuh manusia dewasa.

Proto M merupakan versi kantongan dari teknologi hologram yang ditawarkan oleh Proto, dengan ukuran yakni; 21.5 inci, membuatnya mudah untuk diletakan di atas perangkat meja kantor atau di ruang kerja di rumah Anda. Meskipun begitu, Proto M tetap memiliki kemampuan memancarkan tampilan visual holografik 4K beresolusi tinggi, layar sentuh berkapasitas 16 GB RAM, dan 1 TB storage space, selain itu proto M ini telah dilengkapi teknologi AI, 4K Return Feed, Smart Camera, dan WiFi. Dengan Proto M, tampilan rekan bicara kalian akan tampil dalam bentuk visual holografik yang dapat dikoneksikan ke perangkat smartphone, layanan stream film atau disimpan ke dalam Proto Cloud. Pengguna platform Proto Cloud dapat memancarkan ke perangkat Proto dari mana saja dengan koneksi WiFi, baik menggunakan peralatan kamera atau webcam atau handphone kalian.

Hadir Dalam Ukuran Yang Lebih Besar

Proto Epic Hologram dengan bintang tamu Howie Mandel di dalamnya.
Proto Epic Hologram dengan bintang tamu Howie Mandel di dalamnya.

Proto juga menghadirkan teknologi hologram mereka dalam ukuran yang lebih besar, dengan Proto model Epic, yang jauh lebih besar dengan model M nya, dengan ukuran 54 x 87.5 inci, mebuatnya seukuran dengan kulkas dua pintu. fitur yang dihadirkan kurang lebih sama dengan model M, dengan fitur layar sentuh, smart camera, dan display 4K, dengan 32 GB RAM dan 1TB storage SSD, model Epic ini ditujukan untuk menawarkan pengalaman media dan komunikasi holografik yang lebih wah dibandingkan dengan versi desktop nya.

Verdict?

Meskipun terdengar keren, pengaplikasian proto ini bisa dibilang cukup terbatas di kalangan masyarakat dan industri yang ada di indonesia, Sebab hal baru yang dibawakan oleh proto ini hanya sekedar pengalaman 3D yang lebih terasa berkat teknologi holografik. Pengaplikasiannya pada bidang-bidang tertentu seperti akademis & pendidikan, advertising, dan komunikasi bisa dicapai dengan teknologi yang sudah ada dan lebih terjangkau, membuat proto M terancam kalah saing dengan teknologi-teknologi media dan komunikasi yang sudah ada.

Info selengkapnya mengenai spesifikasi dari Proto M dan Proto Epic bisa kalian lihat langsung di website official Proto di sini, produk-produk Proto ini diestimasi akan siap rilis pada akhir tahun ini dengan beberapa unit yang sudah on the way ke indonesia.
Baca juga artikel kami lainnya di Mobileague

(Visited 11 times, 1 visits today)