Ini alasan banyak orang menggunakan VPS dan tips memilih layanan Sewa VPS.

Sewa VPS di Indonesia? Jangan bingung Sobat Mobileague

Di era digital saat ini banyak orang yang memerlukan server untuk digunakan sebagai storage bagi projek ataupun data mereka. Mulai dari digunakan sebagai web hosting, file hosting, server remote desktop, hingga back up server memerlukan tempat penyimpanan. Awalnya hanyak server fisik saja yang digunakan, namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, kebutuhan akan server semakin meningkat. Hal ini menghadirkan berbagai macam terobosan baru yang salah satunya dikenal dengan VPS, atau Virtual Private Server. Harga layanan VPS inipun bervariasi di Indonesia, ada yang murah, ada juga yang relatif mahal. Nah daripada kalian bingung, kita akan share tips memilih Layanan Sewa VPS di Indonesia.

Buat sobat mobileague yang belum mengenal apa itu VPS, VPS adalah kependekan dari Virtual Private Server. Berdasarkan hal tersebut, VPS adalah suatu teknologi yang memungkinkan satu server dibagi menjadi beberapa server virtual dengan bantuan software, didalam server virtual tersebut bisa diinstall sistem operasi dan software yang berjalan secara mandiri seperti yang ada pada dedicated server.

Cloud VPSDedicated Server
Menyewa bagian dari server yang telah dibagi secara virtual menggunakan bantuan softwareMenyewa satu server fisik untuk satu user sendiri
Relatif lebih murah dan mudah di kostumisasi sesuai kebutuhanLebih mahal karena semakin tinggi spesifikasi server akan semakin mahal pula biaya sewanya.
Sewa VPS atau dedicated server? tentukan pilihanmu sesuai kebutuahn

Dedicated Server dan penerapan Topologi BUS

Server fisik yang juga merupakan dedicated server sering digunakan oleh para game publisher di Indonesia jika ingin mengadakan event ataupun turnament game yang mereka miliki. Alih-alih menggunakan cloud VPS yang memerlukan jaringan internet, team IT dari game publisher tersebut memilih untuk memboyong server lokal mereka ke lokasi dan menerapkan Toplogi BUS agar dapat memberikan kenyamanan dan pengalaman bertanding yang lebih menyenangkan. Hal ini bisa kita lihat pada pertandingan game PC seperti Ragnarok Online, ataupun Seal Online yang pernah terkenal di Indonesia. Bagi kalian sobat Mobileague yang belum mengetahui apa itu Topologi Bus, topologi bus adalah salah satu metode dalam menghubungkan dua atau lebih komputer secara serial

Sewa VPS di Indonesia
Topologi Bus

4 Tips Memilih Layanan Sewa VPS

Dalam memilih layanan Sewa VPS, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan ya sobat Mobileague. Tentunya selain menyesuaikan dengan kebutuhan ada beberapa faktor lainnya yang bisa jadi penentu bagi kalian dalam memilih suatu layanan Sewa VPS.

  1. Harga
    Sobat Mobileague harus membandingkan layanan yang diberikan dengan harga yang ditawarkan, selain itu bisa juga kalian sandingkan dengan penyedia jasa layanan Cloud VPS lainnya. Semakin mahal harga yang diberikan, seharusnya semakin bagus juga layanan yang ditawarkan.
  2. Sistem back Up
    Tersedianya sistem back up bisa jadi penyelamat kita disaat-saat yang tidak diinginkan. Walaupun sebenarnya Back up adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan juga secara mandiri oleh pengguna, namun memiliki cadangan sistem back up bisa jadi nilai plus dalam memilih cloud VPS
  3. Lokasi
    Lokasi yang dimasuk disini adalah lokasi server berada, bisa di lokal (dalam negeri) ataupun internasional (luar negeri). Hal ini lebih berpengaruh ke performa yang dibutuhkan oleh bisnis dan usaha kalian sendiri ya sobat mobileague.
  4. Disk Space dan sistem storage yang digunakan
    Dua hal ini cukup penting juga dalam menentukan pemilihan layanan cloud service. Disk space yang digunakan. sedangkan untuk persoalan sistem, kamu bisa melihat system disk space seperti apa yang penyedia layanan cloud VPS itu gunakan. Apa kah itu VPS berbasis SAS, SATA, atau pun SSD.
Baca Juga:  Mau Streaming Konten Resolusi Tinggi Bebas Lag? Coba Samsung Galaxy Tab S8 5G

Keuntungan menggunakan VPS

Setelah mengetahui tips memilih layanan VPS, sobat mobileague semua harus tahu juga nih keuntungan keuntungan apa saja sih yang jadi alasan banyak orang menggunakan VPS. Ada beberapa penjelasan terkait keuntungan dan manfaat jika Anda membeli Cloud VPS, yaitu sebagai berikut

  1. Skalabilitas VPS mudah untuk kita atur sesuai kebutuhan.
    Skalabilitas VPS mudah untuk kita atur sesuai kebutuhan. Baik itu menaikan (upgrade) ataupun menurunkan (downgrade) layanan pada VPS dapat dilakukan dengan mudah. Jika kebutuhan bisnis kita sedang berkembang ataupun malah sedang menurun, kita bisa dengan mudah mengganti layanan yang ada di VPS
  2. Layanan VPS memiliki tingkat keamanan yang terintegrasi
    Layanan VPS memiliki tingkat keamanan yang terintegrasi dan memberikan rasa aman serta nyaman bagi pengguna jika dibandingan dengan shared hosting. Hal ini dapat meminimalisir peretasan ataupun gangguan gangguan lainnya yang tidak kita inginkan dan harapkan. Tapi tentu saja hal ini tidak serta merta membuat kita bisa lepas tangan dan semaunya sendiri dengan sistem keamanannya, kita sebagai pengguna juga memiliki kewajiabn dalam menjaga keamanan data data yang kita miliki juga. Istilahnya saling menjaga!
  3. Efisiensi Biaya yang harus dikeluarkan
    Efisiensi biaya yang harus dikeluarkan masih jauh lebih murah daripada harus memiliki server sendiri. Di mana bila dibandingkan dengan server lokal yang membutuhkan biaya operasional besar, perawatan berkala oleh teknisi, serta biaya lisensi perangkat lunak yang juga harus terus dibayarkan setiap jangka waktu tertentu.

(Visited 14 times, 1 visits today)

DamarBahbah

Cowok yang suka nasi bebek, dan hobi menebas Red Splinter di gunung buas. Terjun di industri game sejak 2008 demi sesuap nasi, dan hingga kini terus berjuang demi impian dan masa depan

x