Gamers wajib melek financial, Yuk, kenali perbedaan saham dan bitcoin untuk investasikan asset kalian!

Pengertian saham dan bitcoin

Hai sobat Mobileague, dalam 2  tahun terakhir ini tentunya kalian sudah sangat sering sekali mendengar yang namanya bitcoin dan juga saham. 2 hal tersebut dapat kita kategorikan sebagai instrumen investasi yang mana sedang booming dan digandrungi oleh para remaja saat ini. Namun apakah kalian tahu perbedaan saham dan bitcoin, karena ternyata kedua hal ini cukup berbeda dari berbagai aspek.

Pengertian saham dan bitcoin
Pengertian saham dan bitcoin

Sebelum membahas lebih jauh, kita kenali dulu apa itu saham dan bitcoin. Menurut KBBI Daring, saham adalah surat bukti pemilikan bagian modal perseroan terbatas yang memberi hak atas dividen dan lain-lain menurut besar kecilnya modal yang disetor. 

Sedangkan Bitcoin adalah mata uang digital terdesentralisasi, tanpa bank sentral atau administrator tunggal, yang dapat dikirim dari pengguna ke pengguna di jaringan bitcoin peer-to-peer tanpa perlu perantara. Transaksi diverifikasi oleh node jaringan melalui kriptografi dan dicatat dalam buku besar terdistribusi publik yang disebut blockchain.

Perbedaan Saham dan Crypto

Setelah mengetahui apa itu saham dan bitcoin, tentunya kita juga ingin tahu apa aja sih perbedaan dari 2 instrumen investasi ini. Terlebih bagi kalian sobat mobileague yang ingin memulai mencari tambahan cuan dari passive income.Langsung saja kita simak detail perbedaannya di tabel berikut.

DetailSahamCryptocurrency 
Fundamental dapat dilihat dari Prospektus, Asset, hutang piutang, laporan keuangan dan kinerja perusahaannya setiap tahunnya.White Paper yang berisi tentang Road Map pengembangan proyek crypto, kegunaan dan valuasi token, partner, audit dan juga investornya. Pergerakan supply n demand di pasar.
Waktu tradingMengikut Bursa Efek Indonesia
Setiap hari kerja, terdiri dari 2 sesi
Sesi 1 pukul 09:00 – 11:30 WIB
Sesi 2 pukul 13:30 – 14:50 WIB
Tidak pernah libur, bisa dilakukan 24 jam.
Namun trading crypto dianjurkan melihat waktu yang lagi ramai trading (mengikuti jam trading global)
Satuan TransaksiDijual satuan per lembar,
minimal pembelian 1 lot (100 lembar)
Bitcoin, bisa dibeli hingga pecahan 8 desimal.  Contoh 0.00000001
Manajemen Risiko (Volatilitas)Memiliki pembatasan volatilitas
saat pasar tidak terkendali seperti lewat auto rejection atas dan bawah sampai trading halt, yakni penghentian sementara perdagangan
Tidak ada pengendalian volatilitas.
Jadi, harga crypto bakal bergerak sesuai dengan supply and demand. Hal itu yang membuat crypto bisa naik tinggi atau turun drastis.
Pelaku tradingDiibatasi dalam bursa di satu negara.Tidak terbatas antar negara. 
Platform TradingTrader bisa transaksi dengan menjadi nasabah di sekuritasTrader bisa transaksi lewat exchange crypto
RegulatorBerada di bawah regulator OJK., Berada di bawah Bappebti

Setelah kita lihat masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya, kalian bisa mulai menentukan sendiri hendak berinvestasi dimana. Saham relatif lebih aman dengan tingkat resiko rendah namun keuntungannya juga tidak besar tergantung besaran saham yang kita miliki. Namun jika kalian mencari yang dapat memberikan income yang besar, kalian bisa pilih bitcoin, tentu saja dengan resiko yang tidak kalah besar juga. 

Baca Juga:  Bersiap untuk GCA Global Game Expo 2 di Bekasi!

Ingin Belajar Trading Crypto

Buat sebagian sobat mobileague sendiri pasti lebih kenal dengan bitcoin, yang mana erat hubungannya dengan game-game play and earn di blockchain seperti Axie infinity, thetan arena, dan banyak lagi yang lainnya. Dimana beberapa game bisa memberikan hasil (Earn) berupa token crypto dan kalian bisa menginvestasikan token tadi dengan cara Trading Crypto menjadi Bitcoin. Sekedar informasi saja, harga Bitcoin hari ini adalah $44,770 atau sekitar Rp642,905,736.57 diambil dari coinmarketcap.com


Oh iya Sobat Mobileague. Jika kalian masih merasa sedikit terkendala dengan caranya mining ataupun trading crypto, kita rekomendasiin banget nih satu kanal edukasi yang oke punya buat kalian belajar. Nama kanalnya https://indodax.academy/, yang bisa bikin kalian “tercerahkan” dengan konten pembelajarannya yang “daging semua”.

Pengertian saham dan bitcoin
terkendala dengan caranya mining ataupun trading crypto, kunjungi aja https://indodax.academy/

Kalian bisa langsung visit link nya di https://indodax.academy/ dan bisa langsung praktek trading bitcoin dan mata uang crypto lainnya di Indodax, baik di website resmi atau pun di aplikasi mobile indodax yang merupakan Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange.

(Visited 25 times, 1 visits today)

DamarBahbah

Cowok yang suka nasi bebek, dan hobi menebas Red Splinter di gunung buas. Terjun di industri game sejak 2008 demi sesuap nasi, dan hingga kini terus berjuang demi impian dan masa depan

x