Review Game Dilan 1990: Jadi Milea Bikin Deg-degan

Main Game Dilan di Kafe

Siapa sih yang nggak tau Dilan? Film populer yang diangkat dari novel terlaris karya Pidi Baiq saat ini digemari di mancanegara. Berasal dari judul orisinil Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 yang dirilis tahun 2014 kini bersama CIAYO Comic dan Agate telah diluncurkan gamenya dalam bentuk Visual Novel! penasaran dengan reviewnya? yuk kita simak

pemain dilan dan milea

Soundtrack Langsung ala Film Dilan

Diawali dengan Scene Milea besar yang menceritkan kembali masa SMA nya, justru yang pertama kali mengagetkan saya adalah Soundtrack dalam film Dilan yang dimasukkan kedalam game sebagai background sound. Sehingga dari awal bermain vibe Dilan sangat berasa. Padahal tadinya saya pikir Visual Novel ini akan terasa seperti Visual Novel adaptasi lain yang sekedarnya. Terlihat sekali niat Pidi Baiq untuk bekerjasama dalam menggarap game ini sehingga berhasil menciptakan suasan yang Dilan banget!

Menjadi Milea dengan Style Kamu Sendiri

Dalam gimnya, kita akan ditempatkan sebagai Milea, seorang pelajar berumur 17 tahun yang berasal dari Jakarta namun harus pindah ke Bandung karena pekerjaan orang tua. Uniknya, Milea bisa berganti pakaian sesuai dengan style kamu. Meskipun tidak banyak pilihan, namun ini membuat vibe Milea yang ditempatkan padamu semakin berasa.

Baca Juga:  Saatnya bernostalgia dengan Double Dragon IV di smartphone mu
Milea dalam game

Artwork dan Ilustrasi Keren dengan Style yang Lebih Dewasa

Tidak cukup mengagumi keindahan karakternya, banyak fanservice yang cukup memanjakan pemain. Dengan style gambar yang dewasa membuat Visual Novel terasa lebih real. Bahkan banyak juga part atau detail yang tidak ada pada filmnya loh.

Dialog Dilan yang Bikin Deg-Degan

salah satu dialog dilan

Kita semua tahu ciri khas Dilan yang suka melontarkan kata-kata jenaka yang membuat kita tersipu membayangkan jika sosok Dilan adalah pasangan kita. Tak terkecuali didalam Visual Novel garapan CIAYO Comic dan Agate ini.

Dari mulai artwork, Dialog dan alur cerita memang perlu diacungi jempol, namun, ada hal-hal yang perlu diperhatikan demi kesempurnaan game yang menjadi kekurangan dari game ini.

Baca Juga:  Keajaiban Nikki VNG : Ribuan busana dan Aksesoris modis yang bisa di koleksi.

Tidak ada Narasi Bersuara

Tidak adanya dialog dengan suara tentu tidak masalah bagi pembaca, namun akan menjadi hambatan bagi pengguna dengan gangguan pengelihatan untuk membaca keseluruhan cerita tanpa adanya bantuan narasi. Sehingga, secara keseluruhan game ini belum cukup aksesibel bagi seluruh pengguna. Padahal suara dialog/dubbing bisa menambah kesan bagi pemain juga lho, sehingga karakter yang ada di game lebih terasa.

Tidak Bisa Mengembalikan Keputusan/Choice

Alur cerita yang cukup panjang dibagi dalam 5 chapter, namun jika salah klik/missclick akan berpengaruh pada poin (sampai saat ini belum tahu fungsi darri poin) dan keputusan yang diambil tidak bisa diubah kecuali restart chapter. sehingga jika ingin membuka seluruh dialog yang ada, kalian harus mengulang kembali keseluruhan chapternya.

Baca Juga:  Lineage Red Knight: Game Terbaru Keluaran NCSoft

berikut review dari game Dilan karya CIAYO Comic dan Agate yang bisa kalian unduh di playstore. tersedia juga lanjutannya Dilan 1991. Selamat mencoba!

(Visited 50 times, 1 visits today)

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.