Rasakan bermain DOTA dan LoL dalam genggaman HP di VAINGLORY.

Multiplayer Online Battle Arena atau biasa dikenal dengan singkatan MOBA adalah salah satu genre game yang paling digemari di dunia saat ini. Hal yang sangat menarik dari MOBA adalah kentalnya unsur kompetisi yang sangat ditonjolkan. Dengan unsur kompetitif yang ada, perkembangan MOBA pun sangatlah pesat, tidak hanya dari sisi user based-nya saja namun juga dari sisi pendapatan total game-nya yang terus meningkat. Berdasarkan hasil research dari Super Data Researchpada tahun 2016 ini diperkirakan MOBA masih akan memperoleh keuntungan sebesar 13% (total income senilai 20 Triliun Dollar Amerika) dari tahun 2015.

28 hero yang tersedia memiliki skill dan ability yang bervariasi, sehingga membuat VAINGLORY dipenuhi dengan gameplay dan META game yang unik dan beragam.

Beberapa game yang terkenal dengan genre MOBA dan memiliki player based hampir diseluruh dunia yaitu DOTA 2 dan LoL. Tapi sayangnya untuk memainkan 2 game itu kamu harus memiliki PC dengan spec- requirement yang tidak kecil, minimal medium hingga high untuk mendapatkan performa permainan yang bagus. Tapi, bagaimana kalau game seperti DOTA dan LoL bisa kamu mainkan di Gadget / Smartphone ? Suatu hal yang menakjubkan bukan ? Itulah yang akan kita bahas kali ini. Sebuah Game MOBA yang dikhususkan untuk para pecinta mobile game bernama VAINGLORY.

Baca Juga:  IndiHome eSports League, E-sport Terbesar di Indonesia Berhadiah 1 Miliar

 

APA ITU VAINGLORY ? VAINGLORY adalah game dengan genre MOBA yang terinspirasi dari DOTA 2 dan LoL namun didesain untuk perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dan gadget lainnya. 28 hero yang tersedia memiliki skill dan ability yang bervariasi, sehingga membuat VAINGLORY dipenuhi dengan gameplay dan META game yang unik dan beragam.. Disamping itu map yang dimiliki oleh VAINGLORY berbeda dengan MOBA lainnya. Tidak seperti kebanyakan MOBA yang menerapkan 5 vs 5, di VAINGLORY 1 tim hanya berisi 3 pemain dan map pada VAINGLORY atau biasa disebut Halcyon Fold hanya memiliki 1 lane/jalur creep yang membuatmu seperti bermain dalam formasi trilane. Lalu disisi bawah map ada Jungle/Hutan yang cukup luas dan dipenuhi oleh creep jungle dengan banyak jenisnya yang dapat membantu player mendapatkan gold/Exp dengan cara lain.  

Halcyon Fold - Map di Vainglory
Halcyon Fold – Map di Vainglory
PERKEMBANGAN DARI WAKTU KE WAKTU

Awalnya pada penghujung November tahun 2014 saat rilis pertama kali, VAINGLORY diciptakan oleh publisher dan developer SUPER EVIL MEGA CORP hanya untuk pengguna iOS. Namun seiring perkembangan jumlah player VAINGLORY dan E-Sport di dunia, sang publisher pun mempunyai target baru untuk menjadikan VAINGLORY salah satu game E-Sport. Namun untuk mencapai itu VAINGLORY harus memiliki jumlah masa player dan kompetisi lebih banyak lagi.

Baca Juga:  LINE X INDOMOG Gelar Turnamen Let's Get Rich di Mall Kota Kasablanka

Akhirnya pada tanggal 2 Juli 2015 VAINGLORY pun resmi rilis untuk Android dan membuat perkembangan VAINGLORY di E-Sport lebih pesat lagi. Terbukti pada statistik di 2015, VAINGLORY berhasil mengumpulkan total poolprize dari seluruh turnamen yang ada didunia sebesar 350.000 USD dan memiliki 20 juta penonton stream. Sebuah angka yang mengagumkan dari Game yang baru berumur 1 tahun menurut saya.

 

Dan di 2016 ini pun turnamen dan kompetisi untuk VAINGLORY sudah mulai tersebar hampir diseluruh dunia. Contohnya untuk region Asia Tenggara sendiri seperti Tesseract Pro League dan untuk lokal Indonesia’nya ada pada event World of Gaming. Dan dipenghujung bulan 2016 ini tepatnya tanggal 2 – 4 Desember, VAINGLORY akan mengadakan VAINGLORY WORLD CHAMPIONSHIP, sebuah turnamen dengan skala global pertama mereka yang diadakan di TLC Chinese Theatre, Los Angeles, California.

VAINGLORY WORLD CHAMPIONSHIP 2016
    Lalu bagaimana di Indonesia ?   Indonesia juga salah satu Negara yang terkena dampak dari globalisasi VAINGLORY juga. Bahkan SEMC sendiri mengaku bahwa setiap Turnamen VG di region SEA selalu didominasi oleh player dari Indonesia dan membuat Indonesia menjadi salah satu tempat dengan Pertumbuhan Player VAINGLORY Tercepat di **SEA.

Baca Juga:  Dark Story Segera Hadir, ini 7 Alasan kamu Wajib Memainkannya

Menurut salah satu Pengamat dan juga Player Professional VAINGLORY yaitu Herry “Herrboy” Sudharma, dia berkata bahwa pertumbuhan ini juga mempengaruhi iklim E-Sport VAINGLORY di Indonesia.

Dengan adanya pertumbuhan yang signifikan ini tentu saja scene esport utk VAINGLORY otomatis meningkat, bisa di lihat mulai banyak tournament dengan sponsor-sponsor dari beberapa brand ternama. Bahkan di Indonesia sudah ada Regional Community Manager dan Strategic Partner dari SEMC, di mana mereka dengan aktif selalu mengadakan event2 untuk meningkatkan komunitas pemain VAINGLORY dan mencari pemain profesional untuk bertanding dikancah E-Sport.” Herry “Herrboy” Sudharma Perkembangan VAINGLORY pun juga semakin terbukti pada bulan September lalu. Adanya sebuah acara Gathering resmi dari SEMC untuk para player VAINGLORY semua di daerah FX Sudirman, Jakarta Selatan. Dan acara inipun bisa dibilang sukses karena dihadiri oleh banyak sekali pemain Vainglory dari seluruh pelosok JABODETABEK. Keramaian saat Halcyon Gathering Jakarta[/caption] Apakah ini sebuah tanda bahwa Mobile E-Sport benar sebuah masa depan E-Sport ? Semoga perkembangan ini terus berlanjut kedepannya dan disambut dengan respon positif oleh para player Game Mobile lainnya

(Visited 480 times, 1 visits today)

Agung Sukariman

Half Weaboo ,Gaming Enthusiast, Writer Wannabe and Co-Founder Mobileague.id

2 thoughts on “Rasakan bermain DOTA dan LoL dalam genggaman HP di VAINGLORY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.