ESports Indonesia Raih Emas di SEA Games Jadikan Motivasi Bagi Pengprov ESI DKI untukPON 2024

Pengurus Provinsi ESI DKI koordinasikan lima kotamadya persiapkan diri untuk PON 2024

Jakarta, 18 Mei 2022 – Industri ESports Indonesia sedang gegap gempita dengan keikutsertaan para atlet Indonesia pada cabang olahraga ESports yang dipertandingkan pada SEA Games 2022 di Vietnam. Terlebih dengan perolehan medali emas dan perak pada nomor Free Fire, yang membuktikan kesuksesan pembinaan atlet dan tim ofisial oleh pengurus besar ESports Indonesia (ESI) serta dukungan pengurus provinsi dan kota.

Selain itu, terpilihnya 13 warga DKI Jakarta sebagai atlet ESports nasional juga pada SEA Games 2022 juga menjadi sebagai sebuah motivasi bagi Pengurus ESI Provinsi DKI Jakarta (Pengprov ESI DKI) untuk meneruskan pembinaan di tingkat provinsi, kotamadya, dan kabupaten agar pencapaian yang sudah ada yang ada menjadi prestasi yang berkelanjutan.

Oleh karena itu, koordinasi tahunan tingkat provinsi menjadi agenda wajib untuk mensinergikan rencana dan target. Hal inilah yang dilakukan oleh pengurus provinsi ESI DKI bersama pengurus tingkat kotamadya dan kabupaten pada Rapat Koordinasi Provinsi (rakorprov) ESI DKI Jakarta di Hotel Sheraton Gandaria, Jakarta Selatan, pada hari ini, 18 Mei 2022.

Gelaran Rakorprov ESI DKI Jakarta

Rakorprov yang dihadiri oleh ketua dan perwakilan pengurus ESI Kota Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Kabupaten Kepulauan Seribu dimaksudkan untuk membahas berbagai agenda organisasi, seperti materi-materi sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan ESports, seminar kesehatan, dan pelatihan peningkatan keterampilan untuk atlet dan pelatih. “Target akhir dari keseluruhan agenda kerja pengurus provinsi dan pengurus kota/ kabupaten tentu saja untuk peningkatan prestasi atlet ESports tingkat kota dan nasional, sehingga akhirnya bisa berkontribusi untuk peningkatan prestasi Indonesia,” ujar Ketua Pengprov ESI DKI Jakarta,Mayjen TNI (Purn) Neno Hamriono,SIP, MM.

Baca Juga:  Telkomsel Nobatkan 6 Tim Esports Terbaik di Ajang DGWIB “Dunia Games Waktu Indonesia Bermain” Championship
PON 2024
Pengurus Provinsi ESI DKI koordinasikan lima kotamadya persiapkan diri untuk PON 2024

Setelah pada PON Papua 2021 yang lalu DKI Jakarta berhasil membawa pulang emas untuk nomor kompetisi PUBG, Jakarta harus terus mempertahankan prestasi tersebut dengan meningkatan kemampuan atlet dan penguatan manajemen atlet. Terlebih lagi, sebagai satu-satunya provinsi yang saat itu berhasil mengirimkan atlet untuk semua nomor pertandingan (PUBG, Mobile Legend, Free Fire, dan PES), maka kini tantangannya semakin besar untuk mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi pada PON 2024 mendatang.

Usaha pencarian atlet baru

Pencarian atlet baru juga merupakan sebuah usaha yang harus konsisten dan berkesimbungan dilakukan melalui berbagai kompetisi yang dilakukan secara berkala dan menyebar di keenam kota dan kabupaten. DKI Jakarta sangat percaya diri bahwa bakat-bakat baru akan sangat banyak ditemukan.

Rasa optimis itu juga mengacu kepada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Vero sebuah agen komunikasi yang berbasis di Asia Tenggara, disebutkan bahwa jumlah penduduk Indonesia yang terlibat dalam olahraga elektronik (ESports) pada 2021 mencapai 52 juta dan menempati tempat tertinggi di Asia Tenggara.DKI Jakarta sebagai provinsi yang memiliki infrastruktur yang lengkap dan mendukung untuk perkembangan olahraga ESports yakin siap untuk berprestasi.

Kolaborasi berbagai pihak

Namun, Pengprov ESI DKI sangat menyadari bahwa untuk mencapai hasil yang masimal akan membutuhkan dukungan dan kolaborasi dari banyak pihak, baik pemerintah, swasta, dan komunitas. Inilah yang menjadi tugas bagi segenap pengurus, baik provinsi, kota, dan kabupaten, yaitu untuk mencari kesempatan-kesempatan kerja sama dengan berbagai pihak yang dapat mendukung berjayanya ESports di DKI Jakarta. Salah satu agenda pembicaraan yang menarik pada Rakorprov adalah paparan pengprov ESI DKI dengan mendirikan ESI DKI Hub, sebuah inisiatif untuk mewadahi para pemain ESports Jakarta sehingga pembinaannya dapat fokus dan efektif.

(Visited 12 times, 1 visits today)

DamarBahbah

Cowok yang suka nasi bebek, dan hobi menebas Red Splinter di gunung buas. Terjun di industri game sejak 2008 demi sesuap nasi, dan hingga kini terus berjuang demi impian dan masa depan

x