Perusahaan Pembuat Smartphone di Tiongkok Bergabung untuk Mengambil Alih Dominasi Google Play

Menurut berita yang dirilis oleh reuters, Perusahaan besar pembuat Smartphone seperti Huawei Technologies, Xiaomi, Oppo, dan Vivo dikabarkan akan bergabung bersama membuat platform yang dikenal sebagai Global Developer Service Alliance (GDSA), yang akan memungkinkan aplikasi diunggah ke toko aplikasi masing-masing secara bersamaan oleh pengembang di luar Tiongkok.

Secara keseluruhan, keempat perusahaan telah menguasai 40,1 persen dari pengiriman handset di seluruh dunia tercatat pada kuartal terakhir 2019. Sebagai permulaan, sembilan wilayah akan ditargetkan termasuk Indonesia, India, dan Rusia.

Hal tersebut dibantah oleh salah seorang juru bicara Xiaomi tentang keterlibatan Huawei dengan proyek tersebut.

“Kekuatan negosiasi”

“Dengan membentuk aliansi ini, masing-masing perusahaan akan mencari untuk memanfaatkan keunggulan yang lain di berbagai wilayah, dengan basis pengguna Xiaomi yang kuat di India, Vivo dan Oppo di Asia Tenggara, dan Huawei di Eropa,” kata wakil Presiden Canalys, Nicole Peng.

Baca Juga:  Ini Dia Event Pembukaan Server Ragnarok M Eternal Love

“Kedua, ini adalah permulaan untuk membuat kekuatan negosiasi yang lebih besar terhadap Google.”

Awalnya, perusahaan berencana untuk meluncurkan GDSA pada bulan Maret 2020, namun dengan wabah koronavirus yang masih berlangsung tidak jelas apakah tanggal tersebut sekarang telah dipindahkan.

Coronavirus telah menjadi kekhawatiran bagi banyak perusahaan dengan Apple baru-baru ini membatasi perjalanan terkait pekerjaan sampai setelah epidemi berakhir.

Sumber : https://www.pocketgamer.biz/asia/news/72553/chinese-mobile-companies-partner-up-to-take-on-google-play/

(Visited 56 times, 1 visits today)

Agung Sukariman

Half Weaboo ,Gaming Enthusiast, Writer Wannabe and Co-Founder Mobileague.id

x