Terungkap, Dua Profesional Mobile Esport League di Indonesia Berhadiahkan Milyaran Rupiah

Terungkap, Dua Profesional Mobile Esport League di Indonesia Berhadiahkan Milyaran Rupiah

Gairah Profesional Mobile Esport Scene di Indonesia Yang Kian Memanas

Gejolak kawula muda terhadap mobile game bertemakan MOBA semakin memanas, para publisher game-pun tak mau kehilangan momentum. Demi memperkokoh loyalitas para fans, Liga Profesional berhadiahkan Milyaran Rupiah pun digelar. Menghadirkan Pertandingan spektakuler dan jenjang karir yang menjanjikan bagi para pemain profesional.

Di awal 2018 ini sudah tercatat 2 game bergenre MOBA yang telah menggelar profesional liga di platform mobile. Yang pertama adalah Mobile Legends Bang Bang dengan MPL nya (Mobile Legends Professional League) dan yang kedua adalah Arena of Valor dengan ASL (Arena of Valor Star League) yang dilengkapi dengan ANC (Arena of valor National Championship) nya.

Jadi, Seperti apakah liga profesional di mobile game ini?

Untuk mengenal kedua liga ini, mari kita bahas satu persatu liga yang sudah berjalan ini. tapi sebelum itu mari kita simak trailer kedua liga berikut ini

Mobile Legends Professional League

Para peserta liga yang berjumlah 10 team diambil dari 3 babak kualifikasi secara online yang dilakukan di bulan November – Desember 2017 yang lalu. Proses penyaringan yang berlangsung cukup alot ini semua dilakukan demi selangkah lebih dekat menuju hadiah total sebesar 100.000 USD atau sekitar 1.3 Milyar rupiah.

MPL Play Off season pertama berlangsung mulai 12 Januari hingga 11 Maret 2018

Lantas apa saja benefit para professional team ini ketika sudah berhasil melewati pertandingan yang begitu panjang? Tentu saja selain rasa bangga, setiap team akan mendapatkan “Gaji” ketika team mereka hadir memenuhi pertandingan yang telah dijadwalkan setiap minggunya. Tidak itu saja, setiap team yang menang juga akan mendapatkan ekstra uang tambahan setiap minggunya.

Pertandingan akan dilangsungkan di server khusus, demi menjamin pertandingan yang lancar

Setelah 13 minggu mengadakan Play off, 8 team teratas akan melaju ke babak grand final untuk memperebutkan hadiah utama dengan total 50.000 USD. Untuk acara grand finalnya sendiri sudah dipastikan dilakukan secara offline, namun menunggu informasi lebih lanjut dari panitia MPL.

Baca Juga:  Rules of Survival Adakan Turnament ROS SEA CUP di Bangkok tahun ini

List Team Profesional di MPL

  • Rex Regum Qeon Oxygen

  • Louvre

  • Rev Indo
  • EVOS eSports

  • Team Nxl

  • Bigetron Player Kill

  • Pandora eSport

  • Domino’s Hunters

  • Saints Indo Junior

  • ELITE8 Critical Reborn

Arena of Valor Star League

Serupa tapi tak sama, Arena of Valor Star league juga telah melakukan 2 kali kualifikasi yang menghasilkan 6 team besar untuk bertanding di liga professionalnya. Dengan menghadirkan sistem Best of 3 Double Round Robin, setiap team di ASL akan bertanding sebanyak 10 kali dan bertemu dengan team yang sama sebanyak 2 kali.

ASL menawarkan total hadiah sebesar 1.6 Milyar rupiah, wah banyak juga ya

Liga ASL ini dijadwalkan berlangsung selama 10 minggu, dengan memberikan “uang kehadiran” bagi setiap team yang bertanding sebesar IDR 5.000.000 setiap minggunya. Ditambah lagi setiap kemenangan akan mendapatkan tambahan sebesar IDR 4.000.000 sehingga total dalam 1 minggu jumlah “Gaji” yang bisa didapatkan adalah sebesar IDR 13.000.000,-. Tinggal dikalikan 10 maka jika satu team berhasil sapu bersih kemenangan, uang sebesar IDR 130.000.000 sudah masuk kantong.

Grand Final untuk 4 team di penghujung liga, yang akan memperebutkan hadiah utama

Liga ASL ini dilaksanakan dengan satu turnamen juga yaitu ANC, AoV National Championship. Yang mana para pemenang ANC akan berkesempatan mendapatkan Slot team di ASL musim berikutnya. Pihak Garena AoV meyakinkan bahwa liga Pro ASL ini akan terus berjalan dan tidak berhenti pada 1 musim saja. Sebuah hal yang melegakan bagi para sobat mobileague yang berkeinginan berkarir di dunia esport professional di mobile platform.

Baca Juga:  Dance On membangun komunitas gamers dengan Nobar Avenger Infinity War

List Professional Team di ASL

  • Evos AoV
  • Saudara eSports
  • RRQ.Nova
  • BIGETRON eSports
  • GGWP.ID
  • DG.eSports

Masa Depan Mobile esport Scene di Indonesia

Dengan adanya dua professional liga saat ini, membuktikan bahwa gamer di platform mobile tidaklah dapat di pandang sebelah mata saja. Jumlahnya yang cukup besar,menarik hati para publisher sehingga mereka berani berinvestasi dalam membangun esport scene di Indonesia. Kini bermain game dan digaji bukan lagi sebuah mimpi karena professional liga sudah mulai terbangun dan tentunya akan memancing banyak publisher game lainnya untuk turut serta berpartisipasi didalamnya.

 

(Visited 100 times, 1 visits today)

DamarBahbah

Cowok yang suka nasi bebek, dan hobi menebas Red Splinter di gunung buas. Terjun di industri game sejak 2008 demi sesuap nasi, dan hingga kini terus berjuang demi impian dan masa depan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.