Mudahnya konsultasi Tes DNA dengan aplikasi dan web app telehealth di era digital saat ini

Tes DNA dengan Aplikasi dan web app Telehealth semakin mudah

Kemajuan teknologi kesehatan saat ini sudah semakin berkembang. Berbagai penilitian dilakukan oleh banyak pihak demi meningkatkan ketahanan manusia dari penyakit bawaan. Salah satunya sumber penelitian dengan menggunakan dasar DNA. Dengan kemajuan tersebut, kini sobat mobileague semakin mudah untuk konsultasi Tes DNA dengan aplikasi telehealth.

Tes DNA yang merujuk kepada tes genetik yang dilakukan guna mengidentifikasi perubahan pada gen, kromosom, atau protein dalam tubuh. DNA atau dikenal juga dengan istilah deoxyribonucleic acid) adalah merupakan molekul yang menyimpan semua informasi genetik dan membawa instruksi untuk fungsi tubuh.

Mudahnya konsultasi Tes DNA dengan Aplikasi Telehealth

Jika dahulu sebelum pandemi menyerang, kita masih harus membuat janji dengan dokter terlebih dahulu dan wajib ke rumah sakit atau ke klinik praktik. Kini kita sudah semakin dimudahkan untuk mengakses informasi terkait kesehatan, salah satunya untuk konsultasi tes DNA.

Tes DNA dengan Aplikasi
Tes DNA dengan Aplikasi Telehealth

Berbagai aplikasi dan web app telehealth seperti halodoc, hello sehat, tanyadna.id dan aplikasi lainnya yang sejenis, memiliki layanan konsultasi online dengan dokter-dokter spesialis yang tentu saja sudah ahli dibidangnya. Kita bisa memanfaatkan layanan konsultasi tersebut sebelum melakukan atau memutuskan untuk mengambil Tes DNA.

Membandingkan Tes DNA

Kemudahan yang ditawarkan aplikasi-aplikasi telehealth cukup banyak, mulai dari pengaturan jadwal yang fleksibel, hingga opsi pembayaran yang beragam. Sobat mobileague bisa melihat serta membandingkan banyak hal, mulai dari jenis pelayanan, detail tes, hingga ke besaran dana yang harus disiapkan sebelum dan sesudah tes dilakukan.

Tes DNA dengan Aplikasi
Teknologi Sequencing untuk melakukan tes DNA

Biaya Tes DNA yang cenderung mahal ini tentu saja dikarenakan teknologi yang digunakannya cukup rumit dan dikenal dengan teknologi Sequencing. Seperti memecahkan kode, DNA sobat mobileague memiliki ribuan informasi yang dapat membantu mengenal diri lebih baik. Adalah TanyaDNA.id, sebagai salah satu penyedia layanan Tes DNA di Indonesia, telah menerapkan teknologi ini. Dan prosesnya dilakukan langsung di Indonesia, yaitu di GSI Lab, sehingga sobat mobileague ga perlu khawatir tentang keamanan data kamu.

Baca Juga:  5 Aplikasi Streaming Musik Terbaik Untuk Android

Dengan banyaknya jenis aplikasi di smartphone dan web app saat ini, tentu saja kita harus pintar-pintar memilih ketika hendak melakukan suatu hal yang berhubungan dengan kesehata kita dan keluarga. Pencegahan diawal tentu saja akan lebih mudah dilakukan dengan berbagai pencegahan-pencegahan terhadap resiko yang muncul

Pengambilan Sample Untuk Tes DNA

Dalam prosesnya, tidak ada hal khusus yang jadi persyaratan untuk melakukan tes DNA. Hal pertama yang dilakukan untuk tes DNA adalah pengambilan sampel. Petugas medis akan mengumpulkan sampel-sampel untuk pemeriksaan DNA. Beberapa jenis sampel yang bisa langsung diambil dari tubuh kita, sebagai pasien yang masih hidup, adalah sampel darah, sampel jaringan lunak, sampel akar rambut, sampel air liur, sampel sperma atau sampel sel kulit mati. Sedangkan untuk pengambilan sampel DNA bagi pasien yang sudah meninggal biasanya lewat serpihan tulang atau gigi.

Sedangkan bagi sobat mobileague yang hendak memeriksakan kondisi bayinya, dapat juga menggunakan metode NIPT. Bagi kalian yang belum tahu apa itu NIPT atau Non-Invasive Prenatal Testing, adalah sebuah metode skrining dalam pendeteksian kemungkinan adanya kelainan kromosom pada calon bayi yang dikandung. Kalian dapat mulai melakukan pengujian sejak usia kehamilan mulai dari 10 minggu dengan pengetesan terhadap cell-free DNA (cfDNA) bayi. Pengambilan sampel ini tidak akan melukai calon bayi yang dikandung karena hanya butuh sampel cell-free DNA (cfDNA) bayi yang terdapat pada darah ibu.

Manfaat Tes DNA

Terdapat banyak manfaat dari Tes DNA, beberapa diantaranya adalah kita dapat mengetahui lebih awal akan kondisi penyakit bawaan yang berasal dari silsilah keluarga terdahulu. Lalu kita juga bisa Mengetahui kondisi janin dalam kandungan, apakah beresiko kelainan genetik atau tidak. Yang pasti Gen kita dapat memberi petunjuk tentang risiko kita terkena penyakit dan—jika ternyata kita memiliki peningkatan risiko suatu kondisi—ada beberapa langkah yang dapat kita ambil untuk membantu kita tetap sehat.

Konsultasi Tes DNA dengan Aplikasi dan web app telehealth
Konsultasi Tes DNA dengan Aplikasi dan web app telehealth
(Visited 39 times, 1 visits today)

DamarBahbah

Cowok yang suka nasi bebek, dan hobi menebas Red Splinter di gunung buas. Terjun di industri game sejak 2008 demi sesuap nasi, dan hingga kini terus berjuang demi impian dan masa depan

x