Game Mobile dan Desain yang Ramah Disabilitas

Game Mobile dan Desain yang Ramah Disabilitas

Ramah Disabilitas?  Benarkah Game dan E-sports Untuk Semua?

Semakin majunya perkembangan teknologi dalam gaming dan E-sports membuat game mobile semakin digemari. Karena dianggap praktis dan menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Sehingga muncul pertanyaan, apakah benar game mobile cocok untuk semua kalangan termasuk penyandang disabilitas?

Dalam pembuatan sebuah game, di pikirkan pula desain yang sesuai dengan kenyamanan bagi para pengguna. Termasuk bagi orang dengan disabilitas netra dan sensorik dengan tujuan menjadi Ramah Disabilitas. Disabilitas netra yang paling mungkin seperti; buta warna dan penglihatan yang lemah (Low Vision) tentu memerlukan desain khusus seperti kombinasi warna yang kontras, tidak terlalu banyak gradasi, dan tombol yang besar. sedangkan bagi disabilitas sensorik seperti tuli, akan dibutuhkan desain game yang mendukung adanya tulisan pada narasi bersuara. Contohnya adalah adanya Colorblind filter yang ada pada game.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Silver Medal di Ragnarok M Eternal Love
Colorblind filter
Color blind filter

Game Mobile Yang Kurang mendukung Fitur Ramah Disabilitas

Meskipun tidak semua desain game memenuhi  kebutuhan ini, namun beberapa game telah menerbitkan opsi pada menu interface bagi mereka yang berkebutuhan  khusus. Namun opsi ini terbatas pada kemampuan device yang dimiliki, sehingga game PC terhitung lebih mumpuni untuk memenuhi kebutuhan pemain dengan disabilitas. Padahal game mobile sebenarnya telah menjadi pilihan paling populer bagi penyandang disabilitas karena dianggap praktis dan mudah diakses dimanapun bagi semua orang.

Game Mobile dan Desain yang Ramah Disabilitas

Oleh karena itu kedepannya Game Mobile diharapkan dapat memperhatikan nilai-nilai akses bagi pengguna dengan disabilitas. Salah satunya dengan mode color filter bagi pengidap buta warna, zoom mode untuk pengguna dengan low vision dan juga dialog berupa tulisan pada setiap narasi di dalam game. Harapan ini akan terpenuhi secara tepat apabila orang dengan disabilitas langsung yang turut diikutsertakan dalam perancangannya ataupun pada saat riset untuk pengembangan game-game tersebut.

Baca Juga:  Hago Gelar Kompetisi Jawara Game Indonesia Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

difabel

Harapan kita, Esports Untuk Semua

Dengan terpenuhinya kebutuhan tersebut, diharapkan game mobile dapat lebih dinikmati oleh semua pengguna dari berbagai kalangan. Termasuk penyandang disabilitas. Sehingga dengan ini kita dapat menggadang-gadangkan bahwa Mobile Game dan E-Sports itu memang benar-benar untuk semua kalangan.

Mari dukung penyelenggaraan Asian Para Games 2018, untuk informasi lebih lanjut bisa cek facebook fanpagenya di sini

(Visited 103 times, 1 visits today)

Shena Septiani

IG: @buahtomat

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu