Download War Genesis
FaceApp Berbahaya? Kata Siapa?

FaceApp Berbahaya? Kata Siapa?

Belakangan ini tiba-tiba viral aplikasi pengubah wajah Android dan IOS bernama FaceApp. Aplikasi ini sangat populer dikalangan pelajar hingga artis artis Hollywood. FaceApp digunakan para Netizen untuk mengubah wajahnya sendiri atau wajah temannya menjadi tua. Lalu timbul pertanyaan apakah FaceAPP berbahaya bagi penggunanya? Yuk kita telusuri!

Via Twitter

Takut Wajahnya Dicuri Rusia

Berbagai spekulasi muncul karena pembuat FaceApp Wireless Lab, berasal dari St. Petersburg, Russia. Hal ini menimbulkan kepanikan oleh netizen Amerika yang tau sendiri selalu curiga dengan apapun buatan China dan Rusia. Karena itu The Democratic National Committee di Amerika memberikan peringatan kepada semua yang bekerja di kampanye kepresidenan untuk menghapus FaceApp.

Baca Juga:  Cara Redeem Hadiah Pre-Register Garena Speed Drifters
Via NYTimes

FBI Diminta Periksa FaceAPP

Akibat dari kekhawatiran tidak berdasar, sampai-sampai ketua minoritas Democratic Senate, Chuck Schumer, meminta F.B.I. dan Federal Trade Commission untuk menginvestigasi FaceApp. Senator menambahkan di dalam suratnya bahwa seiring pertumbuhan popularitas FaceApp dan keamanan nasional dan masalah privasi, dia meminta F.B.I. untuk memastikan apakah data personal yang diupload oleh jutaan warga Amerika ke FaceApp akan jatuh ke tangan pemerintah Rusia atau kelompok yang memiliki hubungan dengan pemerintahan Rusia.

CEO FaceApp Memberi Komentar

Setelah banyak kontroversi akhirnya CEO FaceApp Karoslav Goncharov angkat bicara, dia membantah bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin juga ikut terlibat dalam aplikasinya. Tetapi dia membenarkan, bahwa gambar asli dari pengguna benar diunggah dan diproses dengan menggunakan cloud. Berarti data tersebut dikumpulkan salam suatu tempat yang disebut server.

Baca Juga:  Pop Mie Dukung Prestasi Tim EVOS dan RRQ untuk Perkuat Pertumbuhan Esports Indonesia

Akan tetapi, server FaceApp ternyata ridak berada di Rusia, akan tetapi di Amerika Serikat, Singapura dan Irlandia, dan milik Amazon atau Google, kata Wireless Lab. Setelah diunggah sebagian besar gambar dihapus dalam waktu 48 jam, kecuali para pengiklan, pihak ketiga tidak menerima metadata apa pun. Ini strategi yang mirip dengan cara Google dan Facebook menangani data, paling sedikit, itulah pernyataan mereka.

Gimana menurut kalian apakah FaceApp berbahaya ataukah cuma isapan jempol belaka?

Keyword: FaceApp, Bahaya, Dicuri, Rusia, Aplikasi, Android, IOS, Mobile, Kamera, Wajah, Manipulasi, Viral, Putin.

(Visited 18 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu