Brown Dust: Game Mobile Anime Dengan Keseimbangan Dalam Segala Aspek

Brown Dust merupakan game mobile online bergenre RPG yang dirilis oleh Publisher asal Korea Selatan, Neowiz. Game ini dirilis pada Okotober tahun lalu di Korea Selatan, dan rilis secara global pada Maret tahun ini.

Brown Dust merupakan game RPG Turn-Based dengan strategi yang kompleks. Brown Dust menghadirkan pengalaman bermain yang unik dan asyik. Jadi tidak salahnya kamu bermain game ini untuk menghabiskan waktu luang atau pun sekadar coba-coba.

Gameplay yang segar dan kompleks

Brown Dust: Game Mobile Anime
Tampilan sistem strategi di arena.

Ya, benar. Game ini mempunyai gameplay yang segar, tidak seperti gameplay RPG pada umumnya, game ini memiliki ciri khas tersendiri. Gameplay yang dihadirkan dalam game ini memiliki sistem strategi yang kompleks. Jika biasanya karakter semakin langka atau legendaris akan meningkatan kemenanganmu, maka kamu salah besar. Dalam game ini strategi lah yang menentukan kemenangan. Tidak peduli seberapa langka atau seberapa kuat karakter yang kamu mainkan, kamu akan tetap kalah dengan strategi lawan yang lebih bagus.

Formasi apa yang kamu pasang, seberapa pintar kamu mempredikisi strategi lawan, sehebat apa kamu mampu memaksimalkan karakter. Itu semua akan menjadi penentu kemenangan kamu di arena atau PvP lainnya.

Game dengan Anime-Style

Brown Dust: Game Mobile Anime
Brown Dust: Game Mobile Anime

Game dengan Anime-Style merupakan poin penting untuk menjaga popularitas dengan menargetkan game pecinta anime-style demi mempertahankan kelangsungan game tersebut, dan Brown Dust memilih untuk mengadopsi poin ini.

Perlu diketahui, Brown Dust pernah berkolaborasi dengan That Time I Got Reincarnated as a Slime. Ini merupakan suatu langkah yang efektif untuk menarik ‘kaum tertentu.’ Brown Dust juga pernah berkolaborasi dengan Seven Deadly Sins, namun sayang itu hanya tersedia di server Jepang.

Brown Dust: Game Mobile Anime Dengan Keseimbangan Dalam Segala Aspek
Brown Dust kolaborasi dengan Seven Deadly Sins di server Jepang.

Tidak sampai di situ, Brown Dust melakukan langkah tepat dalam menarik ‘kaum tertentu’ untuk bermain. Brown Dust membuat suara-suara karakternya berbahasa Jepang hampir di seluruh server (hanya server Korea yang tidak menggunakan bahasa Jepang), padahal jelas-jelas bahwa Brown Dust merupakan game berasal dari Korea Selatan.

Desain karakter yang digunakan dalam game Brown Dust pun amat kental dengan gaya animasi Jepang. Bahkan hampir semua karakter di game Brown Dust waifuable/husbandoable. Ini merupakan suatu langkah unik untuk menarik dan mempertahankan gamers pecinta anime-style untuk tetap bermain.

Keseimbangan game yang kuat

Brown Dust: Game Mobile Anime

Bagi seorang gamers keseimbangan dalam game merupakan hal terpenting untuk menjaga kenyamanan bermain, jika sebuah game dirasa tidak seimbang lagi, maka pemain akan mulai malas bermain dan berujung pensiun. Dalam kasus ini Brown Dust sangat menjaga kenyamanan pemainnya, mulai dari sistem gameplay sampai keseimbangan antara Free Player dan Paid Player. Bagaimana cara Brown Dust mengemasnya?

1. Semua karakter di Brown Dust punya kelemahan dan potensi tersendiri

Brown Dust: Game Mobile Anime
Brown Dust: Game Mobile Anime

Salah satu hal unik di game ini adalah berfokus pada skill karakternya, bukan pada sebarapa langka karakter itu didapatkan. Contohnya karakter yang terbilang langka mampu dikalahkan oleh karakter yang tidak terlalu sulit didapatkan. Bahkan banyak kasus di mana karakter yang mempunyai peringkat lebih tinggi dapat dikalahkan oleh karakter yang peringkatnya berada di bawahnya. Hal ini merupakan poin menarik bagi kamu yang tertarik bereksperimen untuk building character dalam game ini.

Baca Juga:  Pra-Registrasi Romancing SaGa Re;UniverSe Versi Global Dibuka!

2. Tidak ada Pay to Win, hanya ada Free player dan Paid player

Brown Dust: Game Mobile Anime Dengan Keseimbangan Dalam Segala Aspek
Skill Book, item untuk meningkatkan skill karakter dan dijual secara terbatas.

Brown Dust merupakan game dengan sistem gacha. Seperti yang kita tahu sistem gacha bisa membuat orang rentan stres dan salty karena sistem yang mengandalkan keberuntungan. Tapi, apa yang membuat Free player dan Paid player dianggap hampir tidak ada bedanya? Salah satunya adalah item yang hanya dapat dibeli oleh uang asli adalah diamond. Pencarian diamond di sini terbilang cukup mudah dan bisa didapatkan secara gratis. Bisa didapatkan dengan cara mengikuti event atau memanjat rank kamu di arena ataupun di PvP lainnya.

Lalu cara mendapatkan item-item untuk mengikatkan skill karakter paling ‘murah’ di game ini adalah dengan cara panjat rank atau mengikuti event, tidak bisa dibeli langsung dengan uang. Sebenarnya masih ada cara lain untuk meningkatkan skill karakter, namun cara itu hanya lewat gacha dan itu terbilang ‘mahal’. Jadi di sini Free player dan Paid player juga akan belajar cara berhemat. 

Lalu bagaimana nasib Paid player? Para Paid player masih diberi ruang kenyamanan, jika diamond dianggap mudah didapatkan, maka Paid player masih bisa membeli diamond untuk memenuhi kebetuhan yang lebih tinggi, misalnya membeli kostum unik untuk karakter tertentu atau dapat melakukan gacha lebih benyak dari Free player.

3. Brown Dust Memiliki PvP dengan kelas tersendiri

Brown Dust: Game Mobile Anime Dengan Keseimbangan Dalam Segala Aspek
Tampilan PvP Brown Dust.

Mengingat Brown Dust adalah game dengan sistem gacha, maka akan ada kecenderungan di mana player yang kurang beruntung merasa tidak nyaman saat bermain. Tapi itu tidak berlaku di Brown Dust, dalam Brown Dust ada kelas arena tersendiri, yaitu Arena, Mystic Island, Guild War, Novice Arena, dan Underground Arena.

  • Arena adalah sistem PvP di mana semua karakter bisa dilibatkan, mulai dari karakter paling langka sampai karakter yang sering dijumpai.
  • Mystic Island adalah sistem PvP di mana kamu menambang matrial sebanyak mungkin untuk build character, kamu juga bisa menyerang markas tambang orang lain untuk mendapatkan mystic tambahan.
  • Guild War adalah sistem PvP dalam skala Guild, semua tingkatan karakter bisa dilibatkan. Hal menarik di sini adalah semua anggota mendapat reward dan anggota dibebaskan untuk melihat formasi lawan dan memilih markas mana yang akan diserang.
  • Novice Arena adalah sistem PvP kelas bawah, di mana kamu hanya diizinkan menggunakan karakter kelas menengah ke bawah. Bahkan karakter kelas menengah pun tidak selalu bebas digunakan di arena ini, tiap minggu ada karakter yang dilarang untuk dilibatkan, dan tiap minggunya berganti-ganti.
  • Underground Arena adalah sistem PvP yang dianggap sebagai turnamen kelas berat, di mana semua karakter bisa dilibatkan, bedanya di arena ini setiap orang mengatur formasi dan strategi mereka dilakukan secara real-time.

4. Sistem farming yang tersusun rapih

Brown Dust: Game Mobile Anime Dengan Keseimbangan Dalam Segala Aspek
Sistem farming di menu Challenge.

Jika kamu kebingungan melakukan farming dan takut akan memerlukan biaya besar, maka kamu salah besar! Brown Dust menyajikan sistem farming yang amat tersusun rapih, item-item hasil farming terbilang cukup mudah didapatkan. Untuk mendapatkan hasil farming yang besar, kamu hanya perlu kesabaran tingkat tinggi karena proses framing dalam game ini diadakan secara terbatas dan memerlukan waktu yang lama.

Baca Juga:  Trailer Terbaru Game dari Close Beta Dream of Mirror Mobile

5. Fitur pengolahan data dan akun

Brown Dust: Game Mobile Anime Dengan Keseimbangan Dalam Segala Aspek
Mengolahan data dan akun di menu Settings.

Gacha kamu tidak cukup bagus? Maka tidak perlu repot kamu membuat akun baru, kamu bisa mereset data pada akun kamu! Jika biasanya dalam game dengan sistem gacha kamu akan dihadapkan dengan keputusasaan, di mana kamu terpaksa menerima karakter-karakter yang kurang bisa diandalkan. Di Brown Dust tidak seperti itu, kamu bisa mereset akunmu sebanyak-banyaknya hingga kamu merasa puas memiliki karakter yang hebat di ‘akun starter‘ sebagai jaminan agar tidak perlu melakukan gacha berulang kali ke depannya.

Selain itu, fitur “Transfer Accounts” atau “Switch Accounts” dalam game ini dianggap sangat berguna bagi kamu yang suka transfer akun dari satu device ke device lain. Dan hal paling menariknya, kamu dapat berpindah-pindah server tanpa harus membuat aplikasi ganda dengan menggunakan fitur “Select Server”, namun fitur ini tidak memindahkan data dari satu server ke server lain, melainkan membuat data baru di server lain dengan menggunakan satu akun.

Kesimpulan game Brown Dust

Brown Dust: Game Mobile Anime Dengan Keseimbangan Dalam Segala Aspek


Brown Dust adalah game online bergenre RPG yang memiliki gameplay yang kompleks. Walaupun demikian, konten dalam game ini terbilang rapih dan padat. Game ini akan sangat cocok untuk para gamers yang menyukai game bergenre RPG dengan strategi yang kompleks, karena alasan tersebut PvP menjadi fokus utama pada game ini. Maka jangan heran jika banyak orang berusaha keras memanjat rank di arena.

Untuk bisa memanjat rank di arena, maka memerlukan sistem farming, leveling, building character yang bagus. Dalam kasus ini Brown Dust mendapatkan nilai tertinggi. Tidak akan ada yang menyangka bahwa hal-hal seperti itu yang akan membuat orang kecanduan bermain game ini. Namun sayangnya sistem farming, leveling, dan building character dalam game ini memerlukan waktu yang sangat lama.

Dan hal yang terunik dalam game ini adalah keseimbangan. Di saat game online lain fokus menggunakan sistem Pay to Win untuk mempertahan umurnya, Brown Dust tetap berpegang teguh untuk menjaga kestabilan game-nya dengan menyeimbangkan antara Free player dengan Paid playerFree player mendapat hak setara seperti Paid player, tidak ada item pembelian yang akan mempercepat leveling atau building character. Hasilnya tidak akan ada kecemburuan berarti antara Free player dengan Paid player. Namun keseimbangan ini tidak bisa dikatakan sempurna karena dampak biasnya cukup fatal, yaitu ketergantungan pada sistem gacha menjadi semakin tinggi mengingat keberuntungan antara Free player dan Paid player ikut setara.

Kelebihan:

  • Gameplay yang segar.
  • Memiliki sistem game yang terorganisir.
  • Desain karakter yang unik dan memorable.
  • Partisipasi terbuka lebar untuk komunitas.
  • Item untuk building character bisa didapatkan dengan mudah dan gratis.
  • Memiliki keseimbangan yang kuat antara Free player dan Paid player.
  • Fokus utama pada PvP yang konsisten dan stabil dapat melahirkan potensi masuk Esport.

Kekurangan:

  • Pelit matrial untuk building character.
  • Ketergantungan pada sistem gacha masih besar.
  • Terlalu memakan waktu untuk membangun strategi.
(Visited 510 times, 1 visits today)

Fajri Dienul

http://instagram.com/fajridienul