BAPAREKRAF Game Prime 2020, Memajukan Game Indonesia di Masa Pandemic

Game Prime adalah satu event tahunan yang cukup ditunggu setiap tahunnya oleh para pembuat maupun penggemar game lokal. Walaupun ditengah situasi New Normal, BAPAREKRAF Game Prime 2020 masih dilaksanakan kepada semua orang yang menunggunya. Dengan metode online, kira – kira apa saja yang bisa didapatkan dari event kali ini?

Tujuan BAPAREKRAF Game Prime 2020

Masih merupakan kolaborasi dari GGWP.ID, Asosiasi Game Indonesia (AGI), dan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (BAPAREKRAF), BAPAREKRAF Game Prime 2020 masih memiliki tujuan untuk menjadi akselerator industri game Indonesia menurut Bapak Yosua Puji Mulia Simanjuntak, yang merupakan salah satu perwakilan BAPAREKRAF yang hadir di acara prescon yang diselenggarakan pada tanggal 29 Juli 2020, pukul 1 siang. Bapak Yosua, yang menjabat sebagai PLT Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, menjabarkan bahwa banyak talenta Indonesia dalam dunia game, hanya saja dikarenakan keterbatasan, maka banyak dari mereka yang tidak mencuat ke khalayak ramai.

BAPAREKRAF Game Prime 2020-01

Oleh karena itu, BAPAREKRAF Game Prime 2020 hadir untuk menjadi medium atau wadah dimana creator akan bisa membangun jejaring, serta belajar dan juga meningkatkan game indo agar bisa bersaing dengan pasar dunia. Ditambahkan juga oleh Ibu Yuana Rochma Astuti, selaku Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, bahwa dengan bisa ditemukannya developer – developer dari seluruh pelosok Indonesia, maka nantinya akan bisa memajukan industri game Indonesia sendiri. Tentunya, ini akan berimbas secara positif kepada naiknya GDP Indonesia jika semua berjalan dengan lancar.

Selain kedua guest tersebut, ada juga tiga orang tamu lagi yang juga menambahkan tujuan dari BAPAREKRAF Game Prime 2020 ini. Pertama dari Cipto Adiguno, yang merupakan ketua umum dari Assosiasi Game Indonesia, mengemukakan bahwa pentingnya event seperti ini adalah untuk mengedukasi bahwa game tidak jelek dan bisa untuk semua kalangan, terutama game – game yang merupakan buatan lokal. Hal ini diperkuat dengan statement Ricky Setiawan, selaku CEO GGWP.id yang menjabarkan berbagai macam kegiatan dalam acara kali ini yang berkaitan dengan edukasi tersebut. Terakhir, ditambahkan oleh Rachmad Imron, yang merupakan CEO Digital Happiness, diharapkan juga dengan adanya event ini maka akan lebih banyak dukungan publik, sehingga tanpa harus go global, game Indonesia akan semakin maju.

Baca Juga:  Kejar Assassin Solo di Ragnarok Mobile, ini dia Guide Huntingnya

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

BAPAREKRAF Game Prime 2020-02

Dalam eventnya sendiri yang bersifat online, akan ada beberapa kegiatan yang bisa diikuti oleh pengunjung yang bergabung dalam acara ini. Yang pastinya adalah eksibisi game development, yang selain diikuti oleh key developer, juga akan diramaikan oleh beberapa nama influencer yang mungkin sudah cukup dikenal seperti Raditya Dika, Republik Sultan, Milokuma, Chandra Liow, Danang-Darto, Mak Beti, dan masih banyak lagi. Mereka sendiri akan tersebar di beberapa event, sehingga para pengunjung bisa menikmati beragam acara yang ditampilkan.

Webinar & Masterclass

Selain eksibisi game, dalam acara ini ada juga event – event yang bisa diikuti oleh kalian yang ingin atau sudah menjadi game developer. Pada acara yang akan dilaksanakan di tanggal 2 Agustus 2020, melalui Youtube Assosiasi Game Indonesia ini, akan ada webinar dan masterclass untuk semua orang yang tertarik untuk mengikuti.

Untuk webinarnya sendiri akan dibagi menjadi 5 sesi yang akan membahas topik – topik di bawah ini:

  • Level Up Your Caeer in Game Development – Rianti Hidayat (Chief Designer – Gung Ho Entertainment) & Anggia Lestari (Co Founder – Masshive Media)
  • SEA Gamer Insight and How to Win the Market – Ricky Setiawan (CEO GGWP.ID)
  • Behind the Scenes AAA Games – Ken Lai (CEO Brandonville Studio)
  • Opportunity in The Middle of Pandemic – Joshua Simanjuntak (Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif), Samuel Abrijani P (Ditjen APTIKA – Kemkominfo), dan Cipto Adiguno (Ketua Asosiasi Game Indonesia)
  • How to Protect Your IP – Rachmad Imron (CEO Digital happiness), Kris Antoni (CEO Toge Production)
BAPAREKRAF Game Prime 2020-03

Dan untuk Masterclass, acara ini akan terdiri dari 3 topik yang pastinya berguna untuk semua orang yang sedang atau mau belajar game development, seperti:

  • How to Make a Simple Game from Scratch – Ramadhany Chandra (COO Maulidan Games)
  • Game Character Design: From Scratch to Finish – Brigitta Rena (Co-founder Mojiken Studio)
  • Shorten Your Development Timeline with Unreal – Chris Murphy (Evangelist – Epic Games)
Baca Juga:  [Turnamen] Info Pendaftaran Vainglory Kualifikasi WESG 2018 Cek disini

Kompetisi dan Donasi

Diluar semua itu, ada juga kontes fanart dan turnamen e-sport, serta acara donasi yang bekerja sama dengan KitaBisa. Dalam gerakan yang bernama #GamersPeduli ini, diharapkan semua orang bisa saling membantu dalam masa pandemic. Tentunya akan ada apresiasi berupa satu unit console Nintendo Switch, PS4 Pro, dan kursi gaming untuk donatur yang beruntung.

BAPAREKRAF Game Prime 2020-04

Jadi jangan lupa Mobidachi, BAPAREKRAF Game Prime 2020 akan dilaksanakan dari tanggal 1 sampai dengan 5 Agustus 2020 mendatang. Selain kalian bisa ikuti acaranya melalui Youtube Assosiasi Game Indonesia, kalian juga bisa masuk ke gameprime.org untuk mencoba game – game yang diekshibisikan di event kali ini. Ayo pastikan kalian mengikuti eventnya dan maju terus industri game Indonesia!

(Visited 19 times, 1 visits today)