Review Games Mobile Lokal Indonesia Bos Cupang Milik Arkana Games

Kontributor : Diaz Rama Putra Sofyan
Penyunting : Kikitondo

Arkana Games merupakan sebuah Studio game indie asal indonesia yang berfokus pada kalangan platform mobile, mereka menggeluti genre clicker game dan tycoon game.

Kalian tentu masih ingat dengan pandemi yang sudah melanda dunia dan indonesia beberapa tahun yang lalu bukan? dampak nya sangat terasa dengan banyak sekali bisnis yang terpaksa tutup atau harus melakukan semua proses kerja nya di rumah.

Namun banyak pula bisnis-bisnis baru yang bermekaran selama pandemi, salah satunya adalah studio-studio game indie, nah kali ini saya akan membahas sebuah studio game indie asal indonesia yang pada tanggal 1 April 2021 lalu merilis sebuah game clicker mobile berjudul Bos Cupang, yakni studio Arkana Games yang diprakarsai oleh dua pemuda bernama Adam dan Surya Asmoro,

Yuk langsung aja simak game yang telah dirilis oleh Arkana Games yang berjudul Bos Cupang yang sudah dirilis pada 2021 lalu, dan projek baru mereka yang akan datang berjudul Bos Neraka.

Game Clicker Penjual Ikan Cupang – Bos Cupang

Bos Cupang merupakan game flagship atau andalan Arkana Games yang dikategorikan ke dalam genre clicker game, yang mana pada dasarnya player harus mengklik layar sebanyak-banyak nya untuk mendapatkan poin yang nantinya bisa disalurkan ke fitur-fitur lainnya seperti upgrade misalnya.

Pada Maret 2021 lalu game ini telah memasuki fase alpha dan beta test nya dan akhirnya resmi dirilis pada tanggal 1 April 2021. Game ini menuai pujian karena visual khasnya dan sistem perdagangan yang inovatif.

Di Bos Cupang (dan dari judulnya sendiri) kalian akan bermain sebagai seorang penjual cupang bernama Budi, seorang pegawai kantoran yang kehilangan pekerjaannya akibat pandemi, dan terpaksa banting setir menjadi seorang penjual ikan cupang, kalian akan menyaksikan perjalanan dan perjuangan Budi dari yang hanya seorang penjual cupang ecek-ecek hingga menjadi bos cupang.

Gameplay Bos Cupang

Trailer Bos Cupang

Seperti yang tadi disebutkan, cara memainkan game Bos Cupang ini cukup mudah, kalian hanya harus mengklik layar secara terus menerus, dan tiap kali kalian mengklik layar seorang pembeli akan datang dan membeli ikan cupang, tiap pembeli nantinya akan berkontribusi terhadap poin pendapatan kalian, yang nantinya bisa kalian salurkan ke fitur untuk memperindah toko, mengupgrade dan membeli cupang-cupang baru, menghire karyawan, dan melakukan promosi untuk bisnis cupang kalian.

Satu fitur yang membedakan game ini dari game clicker lainnya adalah sebuah mekanin cupang market yang memungkinkan kalian untuk membeli cupang-cupang baru dengan harga yang bersahabat, caranya kalian bisa menyalurkan pendapatan kalian ke minigame Trading market cupang dimana kalian bisa menjual cupang murah ketika harga nya sedang naik, atau membeli cupang murah ketika harga nya sedang turun.

Tiap cupang yang kalian dapatkan terbagi dalam sebuah tingkatan rarity, dari yang paling langka sampai yang biasa-biasa saja, tiap cupang pada game ini juga memiliki penampilan unik masing-masing, dari yang terlihat seperti cupang hias yang kita sering jumpai di abang-abang penjual cupang keliling seperti cupang plakat dan cupang crown tail, hingga cupang-cupang parodi seperti pikachupang dan cupangman, cupang-cupang ini juga memiliki Special effect tersendiri nantinya, seperti menggandakan jumlah pelanggan dari tiap klik misalnya.

Baca Juga:  Dead by Daylight Mobile Server Asia Akan Rilis Terlambat?

Dan yang terakhir game ini memiliki sebuah sistem leaderboard yang memacu player untuk bersaing dimana semakin tingginya pendapatan kalian, maka semakin tinggi pula posisi kalian di leaderboard.

Upcoming Projek Arkana Games Berjudul Bos Neraka Tycoon

Bos neraka Tycoon Arkana Games
Bos Neraka Tycoon

Belum lama ini Arkana Games telah mengumumkan bahwa mereka sedang dalam pengembangan game baru, yaitu Ahli Neraka yang kini diumumkan berubah nama menjadi Bos Neraka Tycoon. Arkana Games berharap permainan ini dapat membantu memperkenalkan perdukunan Indonesia sebagai sebuah warisan budaya Indonesia.

Dalam game simulasi bisnis idle bertemakan neraka ini, para player akan memikul beban untuk menjadi seorang pengelola neraka dan memastikan bahwa para pendosa cukup tersiksa sambil menjaga biaya operasional tetap dalam kadar yang minimum.

Dikisahkan karakter player dipanggil langsung ke dunia neraka oleh seorang Iblis untuk membantu memecahkan suatu masalah. Dia sedang kebingungan sebab para pendosa mengamuk karena mereka merasa siksaan yang mereka dapatkan terlalu ringan, sehingga mereka tidak dapat mencapai tingkat kesucian minimum yang diperlukan supaya mereka bisa masuk surga.

Mulanya, sang iblis akan menyediakan apapun yang player butuhkan untuk memulai proyek pembaruan neraka. Player dapat mendirikan bangunan, seperti Ruang Darah dan Lapangan Penyiksaan, dan memoles fasilitas untuk menyiksa para pendosa dan menghasilkan keuntungan untuk meningkatkan operasi.

Tentu saja, para player tidak akan bekerja tanpa bantuan para penghuni neraka. Mereka dapat mencari bantuan dari para Syaitons, tokoh-tokoh yang diadopsi dari setan-setan khas Indonesia, seperti gondoruwo, tuyul, suster ngesot, dan kuntilanak, yang dapat dipekerjakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu, seperti memasak, membangun, menjaga, dan membersihkan neraka.

Dikutip dari statement Surya Asmoro, Artis Utama sekaligus salah satu pemrakarsa Arkana Games, “Kami mendedikasikan game ini terutama untuk gamer dewasa seperti kami yang berada di titik dalam kehidupan mereka di mana mereka sangat sibuk dengan keluarga dan pekerjaan tetapi mendambakan rasa kepuasan yang disediakan oleh video game. Ahli Neraka Tycoon dapat dimainkan kapan saja, di mana saja.”

Bos Neraka Tycoon akan dikembangkan dalam gaya seni 2D dan direncanakan akan diluncurkan untuk Android pada tahun 2022 ini.

Info selengkapnya mengenai Arkana Games dan hasil karya mereka bisa kalian lihat di website nya langsung di sini, stay tune di Mobileague Indonesia untuk berita-berita tentang studio game lokal lainnya ya!Jika kalian tertarik dengan game-game dengan genre idle games cek juga artikel tentang DC Worlds Collide, sebuah game RPG Kartu Mobile idle berlisensi DC terbaru yang resmi dirilis pada 28 April yang hadir dengan update Karakter Dan Cerita Baru.

(Visited 17 times, 1 visits today)