5 Pekerjaan di Industri Esport Selain Atlet

5 Pekerjaan di Industri Esport Selain Atlet

Menjadi atlet esport dan menjuarai turnamen-turnamen dunia tentu menjadi impian para penggemar game kompetisi. Akan tetapi tidak semua orang dapat menjadi atlet sebagai pekerjaan di industri esport karena tidak mempunyai skill yang cukup, dan mental yang kuat. Tetapi jika kamu ingin tetap bekerja di bidang esport, kami menyiapkan daftar 5 pekerjaan di industri esport selain menjadi atlet.

Caster (Komentator)

5 Pekerjaan di Industri Esport Selain Atlet
DEJETTTT dan MELONDOTO Caster Esport Kawakan
Sumber: Acer ID

Semua pertandingan olahraga terasa kurang hidup apabila tidak ada komentar dari para caster atau komentator. Mereka bertugas untuk memberi informasi-informasi kepada penonton tentang apa saja yang terjadi di pertandingan dan dibalik pertandingan.

Caster tidak hanya harus mengerti tentang game yang akan mereka komentari tetapi mereka juga harus mempunyai personalitas yang menarik dan cara bicara yang unik sehingga penonton terhibur dan terus menonton pertandingan hingga selesai.

Baca Juga:  Turnamen Satelit Dublin Berakhir, Saatnya Menuju Finala

Event Organizer

5 Pekerjaan di Industri Esport Selain Atlet
Event Press Conference ini membutuhkan Event Organizer

Di dalam dunia esport tentunya banyak acara-acara yang akan menunjang esport itu sendiri seperti turnamen, exhibition, dan acara menarik lainnya dari developer, publisher, pemerintah dan berbagai pelaku industri esport lain. Event organizer bertugas untuk mengelola event tersebut agar berjalan dengan lancar.

Tidak bisa dikerjakan oleh satu orang, event organizer membagi tugasnya menjadi logistik, dekorator, dokumentasi, penyusun acara, pencari sponsor, dan lain sebagainya. Mereka diharuskan untuk menyediakan lokasi, koneksi, fasilitas streaming, menjadwalkan event agar tidak bentrok dengan event lain, hingga event esport berjalan dengan baik.

Observer

5 Pekerjaan di Industri Esport Selain Atlet
Skrff Observer DOTA PIT
sumber: youtube

Observer adalah pekerjaan di industri esport yang sangat dibutuhkan dalam suatu pertandingan game khususnya MOBA seperti LoL dan Dota 2. Observer dituntut untuk menampilkan momen yang krusial contohnya ketika war, ataupun kejadian lucu dalam game.

Baca Juga:  Datang dan Rebut GamePad GameSir Secara Cuma-Cuma di JGW 2017

Observer membutuhkan fokus yang kuat, mereka harus menjadi pendengar dan penglihatan yang baik, karena dalam game yang panjang mereka harus tetap menjaga fokus ke dalam game dan melihat dengan tepat agar tidak melewatkan kejadian menarik untuk diberikan ke penonton.

Jurnalis

5 Pekerjaan di Industri Esport Selain Atlet
Liputan event oleh jurnalis Habibi Yasin

Seperti saya yang main game ga jago jago, kamu bisa juga menjadikan jurnalis sebagai pekerjaan di industri Esport. Peran jurnalis adalah dapat meliput event atau acara yang berhubungan dengan industri Esport, lalu membuat artikel yang informatf dan menarik tentang game dan esport melalui tulisan. Jurnalis sangat dibutuhkan dalam industri esport agar masyarakat mengetahui tentang esport dan perkembangan game saat ini.

Pekerjaan di Industri Esport Khusus Sultan: CEO / Team Owner

5 Pekerjaan di Industri Esport Selain Atlet
Andrian Pauline, CEO dari RRQ Indonesia
Sumber: Skyegrid

Dalam dunia esport tentunya diperlukan tim-tim agar bisa diadakan kompetisi turnamen. Yang memegang keputusan tertinggi dalam tim esport adalah pemilik timnya atau bisa disebut dengan CEO. Menjadi seorang CEO merupakan pekerjaan yang sangat menjanjikan dalam ekonomi, akan tetapi beban tanggung jawabnya sangatlah besar sehingga tidak semua orang bisa jadi CEO. Untuk kamu yang ingin membuat tim sendiri, kamu butuh uang dalam jumlah besar dan jika kamu tidak punya sponsor maka kamu butuh jadi sultan dulu baru jadi CEO.

Baca Juga:  BPT Asia 2019 berakhir meriah, PERTAMA KALI Pemain Asal Indonesia meraih peringkat Tertinggi selama sejarah BPT!

Gimana nih apa kamu tertarik sama kerjaan di atas atau ada kerjaan lain yang kamu minati? Coba komen dibawah rekomendasi pekerjaan di industri game lainnya agar yang lain juga bisa tau!

Untuk membaca artikel menarik lainnya, yuk klik disini!

(Visited 30 times, 1 visits today)

Habibi Yasin

Freelancer penulis

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu